Sekilas Info

Angka Stunting Tertinggi, Sumba Barat Daya Alami Krisis Air

Angka Stunting Tertingg, Sumba Barat Daya Alami Krisis Air

Jakarta - Sumba Barat Daya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sedang mengalami krisis air. Kabupaten dengan angka stunting tertinggi di Indonesia ini yakni 44,9 persen ini perlu mendapat perhatian soal akses terhadap air bersih.

Menyikapi masalah krusial ini, Wahana Visi Indonesia (WVI) menggelar Fun Run sejauh 6 KM di Jakarta pada 21 Mei 2023, dan ultra marathon sejauh 300 KM yang akan diikuti 6 pelari khusus pada 19-21 Mei 2023 di Sumba Barat Daya, sebagai upaya menggalang dana.

Baca juga: Kekeringan, Lahan Persawahan Sumba Timur Terancam Gagal Panen

Kampanye ini merupakan kampanye World Vision secara global di seluruh dunia untuk menyediakan fasilitas air bersih di seluruh dunia.

"Sumba Barat Daya dipilih, secara khusus di 5 desa, karena menurut observasi tim lapangan WVI di sana, desa tersebut tidak memiliki sumber air di permukaan tanah dan tidak ada sungai, mata air juga tidak ada," ujar Asteria Aritonang, Resource Development dan Communications Director WVI, Jumat (12/5/2023) lalu.

Franky Banfatin, Head of Social Impact dan Sustainability WVI menjelaskan, masyarakat sangat bergantung pada Penampung Air Hujan (PAH). Keluarga yang tidak punya PAH harus membeli air seharga Rp400 hingga Rp1000 per jeriken untuk keperluan sehari-hari, khususnya untuk makan dan minum.

Baca juga: Sempat Jadi Primadona, Harga Tenunan Sumba Kini Merosot

"Jika ditotal, keluarga yang tidak memiliki PAH harus mengeluarkan Rp480.000 hingga Rp1.200.000 per bulan dengan kualitas air yang tidak layak konsumsi," tutur Banfatin.

Franky Banfatin, Rino Soedarjo, dan Tara Dermawan di presscon Global 6K – Water For Sumba

Banfatin menambahkan, kondisi PAH yang tidak tertutup menyebabkan bak menjadi tidak steril dan terkontaminasi dengan berbagai kotoran, lumut, dan bakteri.

Hal ini menyebabkan timbulnya banyak penyakit, khususnya pada anak-anak, seperti diare, muntaber, hingga stunting.

"Tidak heran provinsi NTT menempati urutan pertama angka stunting tertinggi di Indonesia," imbuhnya.

Baca juga: Inilah 5 Kabupaten Termiskin di NTT, Totalnya Mencapai 20 Persen Populasi

Selanjutnya 1 2
Penulis: Deddy Hutajulu
Editor: Deddy Hutajulu
Photographer: Istimewa

Baca Juga