Sekilas Info

Gagasan Kabupaten DESIKA Diapresiasi Guru Besar UISU

Dewan Guru Besar UISU Profesor Efendi Barus saat memberikan pengarahan dan masukan dalam pertemuan Kabupaten DESIKA di Aula Kantor Camat Gunung Meriah, Jumat (26/12/2021) lalu.
Dewan Guru Besar UISU Profesor Efendi Barus saat memberikan pengarahan dan masukan dalam pertemuan Kabupaten DESIKA di Aula Kantor Camat Gunung Meriah, Jumat (26/12/2021) lalu.

Gunung Meriah - Gagasan pertemuan Kabupaten DESIKA sebagai penyangga Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) oleh Camat Gunung Meriah Antonius Tarigan, di Aula Kantor Camat Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (26/12/2021) lalu, mendapat apresiasi dari Dewan Guru Besar Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Profesor Efendi Barus.

Sebagai akademisi Efendi Barus yang turut hadir dalam pertemuan tersebut, menyebutkan bahwa langkah Antonius bukan hal yang baru. Sebab, Antonius Tarigan saat masih menjabat Sekcam STM Hulu telah menciptakan konsep percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

Baca juga: Camat Gunung Meriah Antonius Tarigan Gagas Pertemuan Segitiga Emas Kabupaten DESIKA

“Dan kemudian (konsepnya) dikembangkan untuk tingkat (kabupaten) Deli Serdang, dan kemudian sekarang berkembang lagi ke (kabupaten) Simalungun dan Karo sehingga disebut sebagai DESIKA. Jadi konsep-konsep ini sudah lama dibuatkan oleh Camat Gunung Meriah yang dulunya sebagai Sekcam, dia sudah membuat konsep itu, sehingga ini menjadi skala nasional,” ujar Prof Efendi Barus usai menghadiri acara tersebut.

Sebagai tokoh masyarakat STM Hulu, Efendi Barus mengakui bahwa kompetensi Camat Gunung Meriah Antonius Tarigan sangat excellent dan mau bekerja serta kreatif. Efendi merekomendasi kepada Bupati Deli Serdang untuk layak mempertimbangkan potensi yang dimiliki Antonius Tarigan.

“Maka oleh karena itu, mungkin ya Bapak Bupati (Ashari Tambunan) kita, Bupati Deli Serdang bisa membaca potensial mana bawahan-bawahan dia yang sedang bekerja saat ini,” tuturnya.

Komitmen Camat

Empat orang Camat dari tiga Kabupaten yang hadir pun menyampaikan komitmennya mendukung terwujudnya program Kabupaten DESIKA sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Camat Gunung Meriah Antonius Tarigan menyebutkan bahwa pertemuan pemangku kepentingan untuk kawasan penyangga KSPN ini bertujuan menguatkan kembali kesepakatan diantara keempat kecamatan di wilayah kabupaten DESIKA.

“Sebagai penguatan kesepakatan di empat kecamatan tiga kabupaten, masing-masing kecamatan STM Hulu, Gunung Meriah, Camat Dolok Silau, dan kecamatan Barusjahe dengan konsep DESIKA sebagai Setigiga Emas penyangga program KSPN Danau Toba. Kita sebagai lintasan, sebagai pusat transaksi juga sebagai pusat transit. Hal inilah yang menjadi harapan kita kedepan melalui konsep DESIKA,” jelas Antonius Tarigan.

Antonius menambahkan, keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro (PLTM) Hidro di Kecamatan Gunung Meriah menjadi penguatan bagi wilayah ini, termasuk turut memotivasi Antonius bersama warganya.

“Dengan terbangunnya PLTM Hidro satu setengah kali dua Megawatt itu, salah satu yang memotivasi kami untuk melakukan inovasi-inovasi baru di kecamatan Gunung Meriah. Ada energi, ada alam, ada semuanya, ini satu kekuatan yang luar biasa,” imbuh mantan Sekcam STM Hulu itu.

Suasana pertemuan para stakeholders untuk membahas konsep dan masukan guna penyusunan rencana pembangunan di Kabupaten DESIKA sebagai penyangga KSPN.
Suasana pertemuan para stakeholders untuk membahas konsep dan masukan guna penyusunan rencana pembangunan di Kabupaten DESIKA sebagai penyangga KSPN.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Redaksi

Baca Juga