Sekilas Info

Diyakini Dibuat Dalam Semalam, Masjid Kuno Bondan Lebih Tua dari Usia Kota Cirebon

Masjid Kuno Bondan diyakini dibangun dalam waktu semalam dan usianya lebih tua dari Kota Cirebon dan Indramayu.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Masjid Kuno Bondan diyakini dibangun dalam waktu semalam dan usianya lebih tua dari Kota Cirebon dan Indramayu.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

Indramayu-Nusantara di masa kini memiliki ratusan ribu masjid dengan berbagai corak dan bentuk yang unik. Pun selain itu memiliki kisah-kisah menarik di balik pembuatannya. Salah satunya Masjid Kuno Bondan yang berada di Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Konon menurut hikayat, masjid tersebut dipercaya dibuat dalam waktu semalam, mirip kisah Candi Prambanan.

Tak hanya itu, dari informasi yang beredar, masjid tersebut berdiri sebelum adanya Kota Cirebon dan Indramayu. Saat mengunjungi masjid tersebut, bagiannya hanya memiliki dua bagian, yakni teras yang merupakan bangunan baru hasil renovasi serta bagian utama masjid.

Untuk bagian utama masjid, terbuat dari kayu jati, baik atap, dinding, hingga lantainya. Pun keunikan bagian utama masjid ini berbentuk panggung setinggi sekitar 50 sentimeter. Bagian masjid merupakan bagian yang masih asli sejak dibangun pada tahun 1414 Masehi.

Ukurannya cukup kecil, yakni hanya 9x9 meter. Sementara pada sisi kiri kanan dindingnya terdapat beberapa jendela sederhana berbentuk kotak dengan bagian sisi atasnya yang melengkung. Sementara di bagian depan masjid, terdapat sebuah jendela kecil yang berbentuk bintang.

Selain itu, bagian utama ini mempunyai atap berbentuk limasan khas masjid kuno di Indonesia. Sementara bagian tengahnya terdapat semacam menara kecil berbentuk seperti ornamen kendi.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Bejo
Editor: Redaksi
Photographer: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia

Baca Juga