Sekilas Info

Diyakini Dibuat Dalam Semalam, Masjid Kuno Bondan Lebih Tua dari Usia Kota Cirebon

Masjid Kuno Bondan diyakini dibangun dalam waktu semalam dan usianya lebih tua dari Kota Cirebon dan Indramayu.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Masjid Kuno Bondan diyakini dibangun dalam waktu semalam dan usianya lebih tua dari Kota Cirebon dan Indramayu.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

Juru Pelihara Masjid Kuno Bondan, Nudiyalis Sholat (26) mengatakan, masjid unik tersebut mempunyai banyak sebutan. Salah satunya Masjid Sapu Angin, karena terletak di Jalan Sapu Angin. Selain itu, masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Darus Sajidin Bondan Barat.

Dia menjelaskan, jika masjid tersebut dibangun Syekh Datul Kahfi atau yang familiar dikenal sebagai Syekh Nurjati pada tahun 1414 Masehi di bantaran Sungai Cimanuk.

Nudiyalis mengisahkan, masjid tersebut dibangun ketika wilayah Cirebon dan Indramayu belum terbentuk. Pasalnya, wilayah Cirebon atau Kesultanan Cirebon baru terbentuk pada tahun 1482 Masehi, yang sampai sekarang kerap diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Cirebon.

Sementara Indramayu pada tahun 1527 yang hingga kini kerap diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Indramayu.

"Sebelum ada Cirebon dan Indramayu, masjid ini sudah berdiri. Karena Syekh Datul Kahfi sendiri merupakan guru dari Pangeran Cakrabuana dan Sunan Gunung Jati, tokoh pendiri Cirebon," jelasnya kepada TIMES Indonesia-jaringan Suara.com pada Senin (19/4/2021).

Dia juga menjelaskan, penanda tahun pendirian, yakni 1414 Masehi terpampang pada salah satu kayu di atap masjid. Hal tersebut menunjukkan, bahwa wilayah Bondan Kecamatan Sukagumiwang sudah menjadi pusat penyebaran ajaran Islam yang dilakukan oleh Syekh Datul Kahfi.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Bejo
Editor: Redaksi
Photographer: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia

Baca Juga