Sekilas Info

Diyakini Dibuat Dalam Semalam, Masjid Kuno Bondan Lebih Tua dari Usia Kota Cirebon

Masjid Kuno Bondan diyakini dibangun dalam waktu semalam dan usianya lebih tua dari Kota Cirebon dan Indramayu.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Masjid Kuno Bondan diyakini dibangun dalam waktu semalam dan usianya lebih tua dari Kota Cirebon dan Indramayu.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

Berdasarkan adanya tanda tersebut, diperkirakan jika wilayah Bondan dulunya masih termasuk dalam kekuasaan Kerajaan Pakuan Pajajaran. Bahkan katanya, wilayah Bondan sempat menjadi tempat pertemuan antara Prabu Siliwangi dan Nyai Subang Larang.

Dia juga menuturkan, jika kayu yang dipakai membangun Masjid Kuno Bondan diketahui sudah ada sekitar tahun 1300 Masehi. Hal tersebut disampaikannya berdasarkan sampel yang digunakan peneliti dalam menguji usia kayu.

"Kata beliau, bahkan tahun 1400-an itu masuk zamannya Syekh Alimudin, muridnya syekh Bayanillah atau Syekh Datul Kahfi, karena kayu pintu itu saat di uji laboratorium sudah ada sejak 1.300 Masehi," jelasnya.

Dia juga mengemukakan, menurut cerita, pembangunan masjid tersebut diselesaikan dalam waktu semalam dan keesokan harinya. Kemudian, Syekh Datul Kahfi membuat bedug dari kayu Sidaguri yang bila ditabuh bisa terdengar hingga Cirebon.

Sampai sekarang masjid tersebut dinamai Masjid Darus Sajidin Bondan (Masjid Kuno Bondan) dan masih difungsikan, namun bedugnya telah hilang entah ke mana.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Bejo
Editor: Redaksi
Photographer: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia

Baca Juga