Sekilas Info

Berita Wali Kota ‘Berdamai’ Dengan Wartawan, FJM: Miris Cara Seperti Itu

Puluhan jurnalis di Medan, menggelar unjukrasa di depan Kantor Wali Kota Medan, Jumat (16/4/2021), mengecam aksi pengusiran jurnalis oleh petugas Satpol-PP, Polisi dan Paspampres yang terjadi pada Rabu (14/4/2021) di Balai Kota Medan.

Medan - Organ yang mengatasnamakan Forum Jurnalis Medan (FJM), sangat menyesalkan adanya upaya penggiringan isu yang seolah-olah menempatkan kalangan jurnalis sebagai pihak yang tidak menjunjung kode etik jurnalistik.

Ketua FJM, Jonris Purba, lewat siaran persnya kepada para wartawan di Medan mengatakan hal itu, terkait munculnya pemberitaan pada salah satu media online yang menyebut terjadinya 'perdamaian' antara Pemerintah Kota (Pemko) Medan dengan kalangan jurnalis lewat kegiatan buka puasa bersama di salah satu situs bersejarah Tjong A Fie, Jalan Ahmad Yani, Medan, Jumat (16/4/2021) malam.

"Saya mencoba menebak arah pikiran penulisnya. Itu mungkin mengaitkan buka puasa dengan adanya aksi unjuk rasa jurnalis pada siang (Jumat, 16 April 2021) harinya. Namun menurut saya kalau sampai disebut dengan istilah 'berdamai' itu jadi lucu. Karena jurnalis yang memenuhi undangan buka puasa bersama itu, bukan yang melakukan aksi unjuk rasa memprotes pengusiran jurnalis dari Kantor Wali Kota Medan," katanya, Sabtu (17/4/2021).

Baca juga: Desak Bobby Minta Maaf, Jurnalis Kembali Geruduk Kantor Wali Kota Medan

Jonris tidak membantah, unjuk rasa memprotes pengusiran jurnalis dari Kantor Wali Kota Medan merupakan isu yang menyedot banyak perhatian. Hal itu dikarenakan sang Wali Kota, Bobby Nasution, yang notabene merupakan menantu dari Presiden Joko Widodo.

Namun terlepas dari itu, ia berharap tidak ada penggiringan-penggiringan isu yang seolah-olah memperhadapkan sesama kelompok jurnalis.

"Kita miris dengan cara-cara seperti itu," ujarnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Sipa Munthe
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga