Sekilas Info

Mahasiswa Ukrida Selenggarakan Bimbingan Belajar Bagi Jemaat GPdI Shekinah Graha Harapan

Kegiatan belajar bersama dengan anak-anak dalam rangka mempersiapkan Ujian Akhir Semester

dailyklik, Bekasi - Pelayanan Komunitas (service learning) merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan kepada para mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), agar dapat berkontribusi nyata bagi masyarakat.

Selain itu, para mahasiswa juga mendapat pengalaman langsung di luar kehidupan mereka sebagai mahasiswa. Dengan adanya pelayanan komunitas ini, para mahasiswa juga diharapkan dapat lebih peka dan mau membagikan ilmu yang sudah mereka dapatkan selama belajar di kampus.

Kelompok,kami yang terdiri dari Yulius Susanto (Ketua), Rut Aprila Marta Pelita Aritonang, Michell Jovanka, dan Kevin Alber Osbertus Ephraim, memilih GPdI Shekinah Graha Harapan, Bekasi Timur sebagai lokasi untuk melakukan pelaksanaan pelayanan komunitas.

Bentuk kegiatannya adalah menyelenggarakan bimbingan belajar kepada anak-anak jemaat gereja tersebut. Setelah berkenalan dengan ibu-ibu pengurus gereja dan adik-adik, kami langsung melakukan pembelajaran, juga mengadakan permainan dan doa bersama untuk meningkatkan keakraban kami dengan para siswa.

Kegiatan bermain tebak gambar tokoh Alkitab bersama dengan anak-anak
 

Bimbingan belajar yang kami selenggarakan, sebagai bentuk kegiatan pelayanan komunitas kelompok kami, menurut kami paling tidak berguna untuk membantu adik-adik di GPdI Shekinah Graha Harapan untuk lebih memahami materi pelajaran yang telah disampaikan guru mereka di sekolah sebelumnya.

Dengan adanya bimbingan belajar ini, anak-anak diharapkan bisa memiliki pendamping dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mereka kurang pahami di sekolah.

Selain itu juga dapat meningkatkan semangat dan pemahaman mereka akan materi yang mereka pelajari. Dalam berinteraksi dengan adik-adik di GPdI Shekinah Graha Harapan, kami juga membagi pengalaman kami serta tips-tips di dunia perkuliahan kepada mereka. Adik-adik di GPdI Shekinah Graha Harapan umumnya masih duduk di jenjang SD hingga SMA.

Untuk menambah semangat belajar mereka, kami juga menyediakan makanan kecil (snack). Tujuannya adalah untuk dapat menambah kedekatan kami juga dengan para adik-adik. Kedekatan tersebut setidaknya dapat membuat mereka tidak sungkan untuk menanyakan mengenai materi yang mereka kurang pahami.

Materi pelajaran apa saja yang ada di sekolah, fisika, biologi, matematika, hingga pelajaran Bahasa Indonesia. Tentunya hal ini juga membuat kami senang, karena kegiatan kami ini disambut baik dan juga dapat memberikan manfaat kepada anak-anak di GPdI Shekinah Graha Harapan.

Doa Bersama terakhir yang dipimpin oleh Ibu Pengurus GPdI Shekinah Graha Harapan

Kami juga membantu mereka dalam persiapan untuk Ujian Akhir Semester. Antusiasme adik-adik masih terlihat meskipun mereka telah selesai melaksanakan ujian akhir semester. Mereka tetap datang untuk mengikuti bimbingan belajar untuk mereview soal-soal ujian mereka sebelumnya.

Selain membantu dalam pelajaran sekolah, bimbingan belajar yang kami lakukan mencakup mengajarkan keterampilan digital. Kami juga memberikan pembelajaran mengenai cara menggunakan software yang nantinya akan mereka butuhkan pada saat kuliah atau kerja nantinya, seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan juga Powerpoint.

Selain menjelaskan, kami juga memperagakan langsung kepada adik-adik. Dimulai dari cara membuka software, cara menggunakannya, cara menyimpan data yang sudah dibuat, dan terakhir cara menutup software setelah digunakan.

Kegiatan belajar bersama dengan anak-anak dalam rangka mempersiapkan Ujian Akhir Semester

Pengenalan mengenai software ini dapat membantu mereka untuk memiliki pengetahuan dasar dan dapat lebih mudah nantinya dalam beradaptasi dalam penggunaan software tersebut.

Pada pertemuan terakhir dengan adik-adik GPdI Shekinah Graha Harapan, kami isi dengan lebih banyak saling bercerita satu sama lain, bermain games mengenai pengetahuan agama Kristen dan juga membahas tentang bagaimana kegiatan setelah sekolah nantinya.

Setelah melakukan kegiatan Pelayanan Komunitas bersama mereka, kami jadi makin dekat sebagai kakak mereka. Sebelum menutup kegiatan, kami juga saling berterima kasih dengan para anak dan pengurus gereja karena kami sudah diizinkan untuk melaksanakan kegiatan Pelayanan Komunitas, menyampaikan kesan pesan, dan juga berfoto bersama. (*)

Penulis:

Baca Juga