Sekilas Info

Mahasiswa Ukrida Mengajar Kelas Inspiratif di TK Melati Jakarta Barat

dailyklik, Jakarta - Pelayanan Komunitas (service learning) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa semester 6 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida).

Melalui mata kuliah tersebut diharapkan mahasiswa dapat melihat dan berinteraksi dengan masyarakat secara dekat.Membantu masyarakat serta dapat menambah skill terhadap mahasiswa.

Dalam melaksanakan Program Pelayanan Komunitas ini,  tim kami yang beranggotakan: Vonny Fransisca dan Stephanuss, tertarik mengerjakan kelas inspiratif di TK Melati, yang kebetulan lokasinya dekat dengan kampus kami.

Bermain Puzzle

Tujuan dari kegiatan kami adalah untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah kami miliki selema studi di kampus, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dalam hal ini anak-anak usia dini di TK Melati.

Kami mencoba menerapkan fun learning supaya anak - anak tidak cepat bosan dengan pelajaran dan melatih sensorik anak untuk semakin baik. Selain itu, dalam kegiatan yang lakukan diharapkan dapat melatih bagaimana membangun komunikasi dan relasi antar sesama dengan lebih baik.

Kami memberikan beragam materi dalam melaksanakan Program Pelayanan Komunitas. Pada hari pertama, kami memberikan materi dan pengenalan mengenai puzzle. Kegiatan ini diharapkan dapat mengasah pola pikir anak-anak dalam menyusun teka-teki yang diberikan. Hari kedua kami memberikan materi tentang pola pembuatan bentuk dari kertas origami secara unik dan menarik.

Hari ketiga memberikan materi antonym, atau yang lebih dikenal dengan lawan kata. Hari keempat adalah acara sesi menonton tentang Keong Mas dan Bawang Merah. Setelah menonton, kami melakukan sesi diskusi. Kami mengajak anak – anak untuk fokus menonton dengan baik.

Selesai menonton kami memberikan soal terkait film yang ditonton. Hal ini kami lakukan dengan tujuan untuk melatih titik fokus anak – anak terhadap apa yang mereka tonton. Hari kelima, kami melakukan sesi permainan puzzle, seperti di hari pertama.

Permainan puzzle tersebut adalah untuk melatih kerja sama. Pada hari keenam dan ketujuh kami memberikan materi tentang pengetahuan akan hal yang benar dan yang salah, kegiatan mewarnai, serta edukasi nomor telefon darurat ,seperti pemadam kebakaran, polisi, ambulan.

Selama melaksanakan Program Pelayanan Komunitas, kami dapat melatih kerja sama tim serta dapat mendekatkan diri dengan anak–anak. Kami disambut baik oleh anak–anak, kepala sekolah serta guru-guru pengajar di TK Melati. Dengan adanya program ini, membuat kami lebih mengenal apa itu kasih dan berbagai.

Program ini juga memberikan dampak yang baik ke kedepannya, di mana kita menjalin relasi dengan masyarakat. Hal ini sungguh menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi kami.

Pengurus TK Melati Ibu Anisah S.Pd., M.M., memberikan respon yang baik serta mendukung kegiatan Pelayanan Komunitas ini, karena mahasiswa Ukrida bisa berkontribuasi dalam membantu memberikan materi pembelajaran di TK Melati. Kepala sekolah dan para guru berharap akan terus banyak mahasiswa Ukrida yang memberikan kontribusi seperti ini ke depannya.

Berfoto bersama Ibu Ani, kepala sekolah TK Melati

Kesan yang diberikan Ibu Anisah kepada kami adalah, “1. Tertib 2. Sopan dan bisa beradaptasi dengan anak – anak 3. Sabar,murah senyum sehingga anak - anak senang.

4. Mau membimbing anak - anak yang kurang mampu. 5. Bu Ani terhibur melihat anak- anak didik Bu Ani senang dan bersemangat menyelesaikan tugasnya. "Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak dan kinerja yang baik, serta relasi yang baik antara TK Melati dengan Ukrida," katanya.

Ibu Anisah juga berpesan kepada  kami agar dapat memberikan dampak yang baik bagi anak- anak  TK, serta masing - masing  individu dapat bekerja sama dengan baik, dapat merangkul semua anak - anak bimbingannya, kinerja yang baik. "Semoga sukses dan mendapat nilai IP-nya memuaskan," tukasnya. (*)

Penulis:

Baca Juga