Sekilas Info

Eksotisme Pulau Raijua yang Tersembunyi, Butuh Perhatian Pemerintah

Pantai Seba di Pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur | backpacker Jakarta.

Sabu Raijua - Kabupaten Sabu Raijua merupakan salah satu Kabupaten termuda di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kabupaten dengan jumlah penduduk 72.960 (data BPS 2008) jiwa ini baru dimekarkan pada 13 tahun lalu atau tepatnya pada 2008 silam.

Sebagai salah satu kabupaten termuda di Indonesia, Sabu Raijua memiliki panorama dan keindahan pantainya cukup memukau karena kejernihan air laut dan pasir putihnya.

Kabupaten Sabu Raijua terdiri atas beberapa gugusan pulau, selain pulau Sabu besar, ada juga pulau yang namanya digunakan untuk kabupaten ini, yakni Pulau Raijua. Sama halnya dengan pulau Sabu besar, pulau Raijua juga memiliki banyak keindahan alam dan eksotis budayanya.

Baca juga: Tidak Hanya Wisata, Pertanian yang Subur, Menarik My Home Indonesia dan IPC USA ke Alor

Di pulau Raijua terdapat satu sumber air yang muncul dari batu karang. Oleh masyarakat setempat, sumber air tersebut dinamai "Ai Mada madja" yang diyakini konon merupakan sumur yang dibuat oleh Pati Gajah Mada pada zaman kerajaan Majapahit waktu berlayar ke pulau Raijua.

Tidak hanya wisatanya, pulau Raijua juga merupakan salah satu daerah penghasil rumput laut (ganggang laut) yang banyak dikirim keluar, termasuk ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Benyamin Ludji Riwu
Editor: Redaksi
Photographer: Benyamin L Riwu

Baca Juga