Sekilas Info

Bentuk KNPI di Rusia, Rahman Key Sebut Strategi “Youth Friendship and Intercultural Diplomacy”

Kiri-Kanan: Rahman Key, Wakil Ketua NYCR Olga Popova, Valeria Torotenkova Bidang Luar Negeri NYCR serta Formatur BP KNPI Federasi Rusia Teguh Imanullah.

dailyklik, Rusia - Saat ini dunia sedang dihadapkan pada masa-masa yang sangat sulit, beberapa negara besar yang memiliki pengaruh di dunia telah terlibat dalam sebuah konflik yang sangat rumit dan memiliki efek domino yang berdampak hingga ke banyak sektor.

Kuatnya motif politik menjadi tantangan terbesar dalam menemukan solusi untuk merubah kondisi dunia pada keadaan yang sepatutnya.

Baca juga: Cegah Turbulensi Pemilu 2024, Aktivis 98 Desak Kapolri Copot Nama Pati di 'Konsorsium 303'

"Yaitu dunia yang memiliki kesinambungan hubungan antarbangsa, kesetaraan pembangunan, kerjasama dibidang ekonomi, politik dan budaya, serta tumbuhnya rasa kemanusiaan yang dapat menciptakan perdamaian dunia sebagaimana amanat Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia," kata Wasekjen DPP KNPI Bidang Luar Negeri Rahman Key dalam keterangan tertulis Kamis (27/8/2022), yang diperoleh dailyklik.

Rahman Key menyebutkan bahwa untuk mewujudkan hal-hal diatas, dibutuhkan peran serta pemuda sebagai aset utama bangsa Indonesia untuk turut aktif dalam menjaga dunia pada kondisi yang aman, tenteram dan sejahtera serta berperikemanusiaan.

Saat ini, sebut Rahman Key, melihat jumlah usia produktif di Indonesia yang menyentuh angka 70 persen dari populasi Indonesia.

"Pemuda menjadi ujung tombak dalam menyelesaikan segala macam masalah di dalam negara Indonesia maupun masalah dunia dengan mengedepankan aspek humanisme dan diplomasi pemuda antar bangsa," ujarnya.

Ramhan menyebut bahwa Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama pada rapat Pleno menegaskan agar program kerja DPP KNPI Periode 2022-2025 akan fokus bukan hanya dilakukan dalam skala Nasional, namun juga dalam skala Internasional.

"Atas dasar “sense of crisis” terhadap kondisi dunia saat ini, Ketua Umum DPP KNPI memberikan lampu hijau kepada kami selaku Bidang Luar Negeri DPP KNPI, untuk segera membentuk Badan Perwakilan KNPI (BP KNPI) wilayah negara Federasi Rusia dengan mengeluarkan Surat Mandat yang ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal kepada saya, untuk membentuk kepengurusan BP KNPI Federasi Rusia," jelasnya.

Masih dalam keterangan tertulisnya, Rahamn Key menyebut bahwa Ketua Umum DPP KNPI juga menegaskan Bidang Luar Negeri untuk menjalin hubungan persahabatan dan kerjasama dengan National Youth Council of Russia (NYCR) untuk memudahkan komunikasi serta diplomasi dalam bidang kepemudaan.

"Menyambut arahan Ketua Umum DPP KNPI, Kami Bidang Luar Negeri telah menyusun strategi dalam menciptakan hubungan persahabatan yang erat bagi pemuda antar bangsa dan
negara, yang kami namakan “Youth Friendship and Intercultural Diplomacy”, uria Rahman Key.

Menurut Rahman, strategi itu dipandang sebagai langkah yang paling tepat untuk mendekatkan hubungan antar bangsa dan negara dengan mengedepankan aspek pertukaran budaya melalui induk organisasi pemuda antar bangsa dan negara.

"Selain itu kami juga menyusun beberapa naskah kerjasama pemuda
antar bangsa yang nantinya akan mengikat hubungan persahabatan yang erat," katanya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Redaksi
Photographer: Ist

Baca Juga