Sekilas Info

Bentuk KNPI di Rusia, Rahman Key Sebut Strategi “Youth Friendship and Intercultural Diplomacy”

Kiri-Kanan: Rahman Key, Wakil Ketua NYCR Olga Popova, Valeria Torotenkova Bidang Luar Negeri NYCR serta Formatur BP KNPI Federasi Rusia Teguh Imanullah.

Tidak hanya itu, Rahman juga mengungkapkan bahwa pada Senin 22 Agustus 2022 dirinya bersama Formatur BP KNPI Rusia Teguh Imanullah sebagai Koordinator Dewan Pertimbangan Agung PPI Rusia mendapat undangan untuk menghadiri forum pertemuan pemuda Internasional hingga Jumat (26/8/2022) kemarin.

"Yang diadakan oleh National Youth Council of Russia di wilayah Kaluzhnaya, sekitar 90 km dari kota Moscow. Di acara tersebut kami mendapat sambutan hangat oleh Grigory Petushkov (sebagai) Ketua National Youth Council of Russia, beserta jajaran pengurusnya," sebut dia.

"Kami juga telah berkomunikasi perihal kerjasama yang akan dibangun oleh KNPI dan National Youth Council of Russia," tambahnya.

Perjanjian tersebut, lanjut Rahman, dibuat dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) yang dicetak ke tiga bahasa, yaitu bahasa Rusia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

"Isi MoU antara lain, memperkuat kerjasama antar organisasi dan negara, membangun kapasitas organisasi tentang isu-isu partisipasi masyarakat pemuda dalam proses pembangunan berkelanjutan negara, hingga pertukaran pengalaman dalam bekerja dengan pemuda dan praktik
terbaiknya," jelasnya.

Rahman mengatakan isi MoU tersebut juga membuka peluang kerjasama ekonomi di bidang usaha ekspor, impor, dan penanaman modal yang dilakukan oleh kedua anggota organisasi.

"Hal ini tentunya tak lepas dari
kekhawatiran dunia akan pasokan kebutuhan pangan dan bahan-bahan tambang, mengingat Rusia dan Indonesia adalah negara yang kaya dengan hasil Sumber Daya Alamnya," pungkasnya.

Sementara itu, Rabu 24 Agustus 2022 Bidang Luar Negeri DPP KNPI, tulis Rahman Key, telah melakukan rapat bersama perdana di dekat kota Moscow untuk menindaklanjuti MoU yang akan segera diwujudkan kedua pihak. Hadir Olga Popova selaku wakil ketua yang membawahi bidang politik, kerjasama antar lembaga dan luar negeri NYCR.

Sedangkan Rahman Key sendiri mewakili DPP KNPI sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP KNPI.

"Dalam kesempatan ini, Olga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada KNPI untuk menjalin persahabatan dan kerjasama organisasi di bidang kepemudaan," sebut Rahman Key.

Rahman menyebutkan Olga Popova juga mengatakan bahwa KNPI akan menjadi mitra pertama dan satu-satunya induk organisasi kepemudaan di wilayah ASEAN yang bekerjasama dengan National Youth Council of Russia.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Redaksi
Photographer: Ist

Baca Juga