Sekilas Info

Mengenal Kiritana, Desa yang Terapkan Prokes Ketat Meski Terdampak Banjir Bandang

Petugas Prokes sedang berjaga di pintu masuk Desa taat prokes, Kiritana.

Waingapu-Kiritana adalah salah satu desa di kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, NTT, yang beberapa waktu lalu terdampak banjir bandang akibat Iklim Tropis Seroja yang melanda NTT.

Menariknya, desa ini sekali pun sedang dalam keadaan yang belum pulih total akibat bencana, namun tetap menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat.

Saat berkunjung ke Desa ini, maka setiap orang yang hendak masuk Desa diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan air dan sabun cuci tangan yang telah disediakan, setelah itu setiap orang wajib untuk memeriksa suhu badan mereka, kemudian mereka akan didata berdasarkan nama dan alamat tempat tinggal.

Tujuan dari pendataan ini adalah sebagai antisipasi apabila dikemudian hari ternyata orang terdata ini terinfeksi covid-19, maka pemerintah desa akan dengan cepat mengetahui orang-orang yang memiliki kontak erat dengan mereka.

Tidak hanya itu, untuk setiap kendaraan juga akan disemprotkan disinfektan dan bagi pengunjung yang tidak mengenakan masker akan diberikan masker oleh petugas jaga.

Perlakukan ini tidak hanya kepada pengunjung saja, namun juga kepada setiap warga desa yang bepergian keluar desa, seperti pasar dan lain sebagainya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Benyamin Ludji Riwu
Editor: redaksi
Photographer: Benyamin L Riwu

Baca Juga