Sekilas Info

Forum Kalimantan Bangkit: Perubahan Sistem Pemilu 2024 Berpotensi Timbulnya Kekacauan Politik

Forum Kalimantan Bangkit menilai Perubahan Sistem Pemilu 2024 berpotensi menimbulkan kekacauan Politik tanah air.

Banjarmasin – Sejumlah tokoh masyarakat, guru besar dan akademisi yang tergabung dalam Forum Kalimantan Bangkit merespons isu Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan memutuskan sistem pemilu proporsional tertutup.

Respon tersebut disampaikan pada saat forum diskusi digelar yang dihadiri oleh H. Martinus, Dr M. Uhaib, Dr M. Sanusi,  Prof Dr Ichsan Anwary, Cecep Ramadhani, Dr Fahrianoor, Y Budi Prasodjo, Ir Anang Rosadi, Siti Mauliana MA, Faturrahman MA, dan Prof Dr Hadin Muhjad.

Salah satu inisiator Forum Kalimantan Bangkit Dr Subhan Syarief menegaskan, setiap keputusan yang diambil oleh negara harus mengutamakan kepentingan dan keselamatan rakyat. Menurutnya, sistem proporsional terbuka dipandang oleh Forum Kalimantan Bangkit sudah tepat.

Baca juga: Diaspora NTT Sepakat Memerangi Human Trafficking, Flobamora Provinsi Sumut Segera Terbentuk

Tokoh masyarakat dari Kalimantan Selatan H Martinus menilai tidak ada hal kegentingan untuk merubah sistem pemilu dari terbuka menjadi tertutup. Saat ini situasi politik sudah cukup kondusif.

Ia justru khawatir kalau terjadi perubahan sistem pemilu dapat menimbulkan kekacauan.

“Jika terjadi perubahan sistem di tengah jalan ada kekhawatiran terjadi kekacauan politik. Kita tentu sama-sama ingin kondisi kita kondusif, pemilu bisa berjalan sesuai dengan jadwal,” kata Martinus, di Banjarmasin, Senin, 29 Mei 2023.

Baca juga: Terkait Pencopotan Kombes Teguh, IPW Desak Kapolri Copot dan Periksa Kapolda Kaltara

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Dwinanto
Editor: Redaksi
Photographer: Ist

Baca Juga