Sekilas Info

Lintah darat, Koperasi Simpan Pinjam, dan Lembaga OJK

Ketua Koperasi Keluarga Besar USU, Fauzan Nurahmadi.

Lintah darat, Koperasi Simpan Pinjam, dan Lembaga OJK

Oleh: Fauzan Nurahmadi

Lintah darat, koperasi simpan pinjam, dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) merupakan tiga hal yang berkaitan erat dalam ranah keuangan. Lintah darat adalah praktik peminjaman uang informal yang beroperasi di luar sistem keuangan formal, sementara koperasi simpan pinjam adalah organisasi formal yang diatur oleh undang-undang untuk memberikan layanan keuangan kepada anggota mereka.

Sedangkan OJK adalah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi seluruh sektor jasa keuangan di Indonesia, termasuk koperasi simpan pinjam.

Lintah darat menjadi populer di Indonesia karena banyaknya masyarakat yang tidak memiliki akses ke layanan keuangan formal. Lintah darat beroperasi dengan cara meminjam uang dari orang-orang di sekitar mereka, terutama dari kerabat atau teman dekat. Praktik ini seringkali dilakukan tanpa kesepakatan tertulis, tanpa jaminan yang meyakinkan, dan tanpa bunga.


Baca juga:
Terdampak Covid, Koperasi dan UMKM di Sumut Butuh Sentuhan Bantuan


Namun, praktik ini sangat riskan karena tidak ada jaminan bagi peminjam, dan jika terjadi masalah seperti gagal bayar, maka tidak ada lembaga atau aturan yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Koperasi simpan pinjam, di sisi lain, adalah organisasi formal yang diatur oleh undang-undang dan memiliki peraturan tertulis yang mengatur cara pengelolaan keuangan dan memberikan jaminan atau bunga yang meyakinkan bagi peminjam.

Koperasi simpan pinjam seringkali memberikan pelatihan dan dukungan untuk anggota mereka dalam mengelola keuangan mereka sendiri. Koperasi simpan pinjam dapat menjadi alternatif yang baik untuk lintah darat karena memberikan layanan keuangan formal dan teratur.


Baca juga:
Praktisi Koperasi: Pembentukan Koperasi dan Asosiasi Petani Nilai Tawar bagi Petani


Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Fauzan Nurahmadi
Editor: Devis Karmoy
Photographer: Istimewa

Baca Juga