Sekilas Info

Terdampak Covid, Koperasi dan UMKM di Sumut Butuh Sentuhan Bantuan

Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara Unggul Sitanggang saat menunjungi usaha pengeringan ikan yang bernaung di bawah Koperasi Produksi Harapan Wanita  Pesisir Utara di Belawan, Jumat (28/8/2020).

Medan - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus mendorong Koperasi sektor riil berbasis UMKM di Sumut.

Hal itu disampaikan Kabid Kelembagaan Diskop dan UKM Sumatera Utara Unggul Sitanggang mewakili Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut saat mengunjungi pelaku UMKM yg bernaung di bawah Koperasi Produksi Harapan Wanita  Pesisir Utara di Belawan, Jumat (28/8/2020).

"Koperasi Harapan Wanita mempunyai anggota yang terdaftar sebanyak 20 UMKM, yang berlokasi di seputaran pinggiran rel di pesisir Belawan terdiri dari para wanita yang berusaha dalam pengeringan ikan asin dan usaha kuliner, dengan swadaya mereka mendirikan koperasi yang menjadi binaan Diskop dan UKM Sumut," ujar Unggul.

Kabid Kelembagaan Diskop dan UKM Sumut ini, juga menjelaskan bahwa sampai saat ini Koperasi Harapan Wanita belum pernah mendapat bantuan dari pihak manapun.

"Apalagi dampak pandemi Covid-19 saat ini anggota koperasi sangat terpukul akibat melemahnya daya beli, disamping masih sangat kekurangan modal," katanya.

Dia juga menjelaskan, permasalahan yang dihadapi para anggota koperasi tersebut, yakni di saat musim hujan maka pengeringan ikan tentu akan terkendala.

"Namun dengan semangat para anggota Koperasi dan UMKM (mereka) berjuang untuk bisa bertahan," jelasnya.

Kepada para anggota dan pengurus koperasi, Unggul Sitanggang juga memberi dukungan sekaligus penguatan secara moril untuk membangun koperasi yg lebih jujur, terbuka serta transparan untuk menuju koperasi yang profesional dan dapat mensejahterakan anggotanya.

"Pak Gubsu Edy rahmayadi dan pak Wagubsu (Musa Rajekshah) melalui semangat Sumut Bertabat sangat memperhatikan masyarakatnya yang terdampak secara ekonomi akibat covid ini. Semoga koperasi sektor riil di Sumut bisa semakin eksis dan secara mandiri bisa keluar dari musibah ini," tandasnya.

Penulis: Otti Batubara
Editor: Redaksi

Baca Juga