Sekilas Info

Tim UI dan ITB Menjuarai ASEAN Data Science Explorers 2022

dailyklik, Jakarta, ASEAN Foundation dan SAP SE dengan bangga mengumumkan bahwa tiga tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI) keluar sebagai pemenang dalam ASEAN Data Science Explorers (ASEANDSE) Final Nasional 2022 – Indonesia yang berlangsung secara virtual.

ASEAN Data Science Explorers (ASEANDSE) adalah program unggulan yang diinisiasi ASEAN Foundation bersama SAP untuk merangkul dan mempersiapkan pemuda masa kini untuk dunia masa depan.

Hadir dan berbicara secara daring di pengumuman pemenang ASEANDSE, Rian A Sagara selaku Industry Business Architect, SAP Indonesia menjelaskan bahwa Program ASEANDSE berupaya untuk memberdayakan pemuda ASEAN kita dengan keterampilan digital yang penting, mengembangkan keterampilan kolaborasi, kemampuan untuk mengkomunikasikan ide, dan berpikir kritis.

Rian A Sagara melanjutkan bahwa semua kemampuan ini sangat penting untuk menjadi pemimpin yang efektif bagi dunia masa depan.

"Saya sangat terkesan dengan kualitas ide yang disajikan para peserta dan berharap kompetisi ini akan mengawali perjalanan mereka dalam dunia Data Science," ujarnya.

Melalui kemitraan dengan ASEAN Foundation, pihaknya ingin agar kaum muda terus berkembang dan menginspirasi banyak orang.

"Kami terus mengarahkan kaum muda untuk berkembang di dunia yang terus berubah dan menginspirasi mereka untuk menempa masa depan yang lebih cerah dan lebih adil bagi semua orang di Asia Tenggara,” tutur Rian.

Diketahui bahwa ASEANDSE adalah kompetisi analisis data regional yang menyasar mahasiswa di 10 Negara Anggota ASEAN. Dengan menggunakan SAP (System Application and Product in Data Processing) Analytics Cloud, program ini mengharuskan mahasiswa memberikan solusi dan rekomendasi berbasis data, inovatif, dan feasible untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi mendesak di ASEAN.

Melalui keterangan tertulis SAP Indonesi kepada redaksi dailyklik, Minggu (28/7/2022) menyebutkan, kompetisi ini lebih khusus terkait enam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (United Nations Sustainable Development Goals).

"Yaitu Kesehatan dan Kesejahteraan, Pendidikan yang Berkualitas, Kesetaraan Gender, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, Inovasi Industri dan Infrastruktur, serta Kota dan Komunitas Berkelanjutan," tulis SAP Indonesia.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Redaksi
Photographer: SAP Indonesia

Baca Juga