Sekilas Info

Nasi Gandul, Kuliner Legendaris Khas Pati Layak Dinikmati

Nasi Gandul, Kuliner Legendaris Khas Kabupaten Pati.

Pati - Kabupaten Pati adalah bagian dari Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pinggir pantai utara bagian timur. Daerah dengan semboyan “Pati Bumi Mina Tani” ini memiliki beragam kuliner khas yang populer.

Berada di daerah pesisir, Pati memiliki komoditas unggulan yakni ikan bandeng. Salah satu yang terkenal adala Bandeng Juwana, sebuah olahan presto bandeng dengan duri yang lunak.

Tak hanya itu, Pati juga memiliki kuliner legendaris yakni Nasi Gandul atau yang disebut warga setempat sebagai Sego Gandul. Beberapa daerah di Jawa mungkin berpikir bahwa Nasi Gandul adalah nasi dengan olahan buah pepaya, karena dalam bahasa Jawa pepaya sering disebut sebagai buah gandul.

Namun masyarakat Pati, mengenal Nasi Gandul sebagai salah satu kuliner favorit, yakni nasi dengan sup daging sapi yang memiliki cita rasa manis,asin dan gurih. Biasanya makanan ini disantap dengan beralaskan daun pisang yang membuat aroma dan rasa Nasi Gandul semakin sedap.

Sejarah Nasi Gandul

Melansir dari laman Kemdikbud.go.id, Nasi Gandul diperkirakan sudah ada sejak tahun 1955. Kuliner ini diperkenalkan oleh Pak Meled, warga dari desa Gajahmati. Berkat kepopuleran kuliner yang ia bawa, sampai sekarang desa Gajahmati dikenal sebagai pelopor sekaligus pusat Nasi Gandul di Pati.

Sementara nama Gandul yang digunakan ternyata bukan dari Pak Meled yang memperkenalkan makanan tersebut, melainkan sebuah julukan dari para konsumennya. Sebutan gandul yang diberikan oleh pembeli dikarenakan saat berjualan, para pedagang nasi gandul memikul dua kuali yang menggantung.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga