Sekilas Info

Layanan Internet Sulit Diakses, Belajar Daring di Nisel Terganggu

Warga terpaksa berpindah lokasi cukup jauh untuk mencari jaringan internet yang sangat sulit diakses di kawasan Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan, Sumut.

Nias Selatan - Pelayanan jaringan internet sangat sulit diakses di kawasan Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut).

Akibatnya, tidak sedikit warga mengeluhkan koneksi jaringan internet yang putus nyambung khusus di area tersebut. Sehingga mengganggu aktivitas masyarakat terlebih proses belajar daring bagi pelajar dan mahasiswa, bahkan jika melakukan panggilan seluler sangat sulit apalagi mengakses informasi online.

Menurut Ampuni, warga setempat jika ditelusuri akhir-akhir ini bahkan jauh sebelumnya juga permasalahan koneksi internet yang putus nyambung lebih sering terjadi di area Kecamatan Toma saja sampai kini.

"Sebab daerah lain atau kampung tetangga di luar kecamatan Toma koneksi internet mereka masih aman-aman saja. Ya, ini terjadi karena baterai tower yang sudah lapuk/busuk yang masih belum diganti para petugas provider," ujar Ampuni yang merasakan dampak dari permasalahan koneksi internet tersebut di tepi Pantai Desa Hiliganowo Kecamatan Teluk Dalam, Rabu (26/1/2022).

Ampuni menyebutkan putus nyambungnya koneksi internet ini terjadi di beberapa daerah khusus kecamatan Toma, mulai dari Hilimataluo sampai-Hilindraso.

"Dimana Desa Hilimataluo ini berbatasan dengan kecamatan Teluk Dalam dan Hilindaraso berbatasan dengan Kecamatan Lahusa," sebutnya.

Sehingga untuk mendapatkan jaringan internet yang sedikit lancar, mereka harus pindah lokasi serta berpencar mencari koneksi internet di kampung tetangga yang bisa terhubung walau jarak dari rumah cukup jauh.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Sinilia Bohalima
Editor: Redaksi
Photographer: Sinilia Bohalima

Baca Juga