Sekilas Info

Wakil Ketua DPRD Labusel Ajak Duel Pengunjuk Rasa, Pengamat: Segera ke Psikiater

[Screenshot video] Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan, Zainal Harahap, Ngamuk saat menghadapi para pengunjuk rasa di Gedung DPRD Labusel, Senin (29/11/2021) siang.
[Screenshot video] Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan, Zainal Harahap, Ngamuk saat menghadapi para pengunjuk rasa di Gedung DPRD Labusel, Senin (29/11/2021) siang.
Labuhanbatu Selatan - Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan (Labusel) Zainal Harahap mengamuk dan mengajak duel sejumlah pengunjuk rasa. Aksi itu dilakukan Zainal Harahap, ketika menemui para pengunjuk rasa dari Aliansi Masyarakat Pemuda dan Masyarakat Pemerhati Pembangunan Labuhanbatu Selatan, Senin (29/11) di Kantor DPRD Labusel.

Dari video yang tersebar di media sosial, tampak Zainal Harahap yang mengenakan kemeja Merah-Hitam menemui para pengunjuk rasa. Awalnya, puluhan pengunjuk rasa dari Aliansi Masyarakat Labusel berjalan damai. Dalam tuntutannya, mereka menyuarakan beberapa hal terkait pembangunan di kabupaten tersebut.

Misalnya, terkait dugaan penyelewengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kolam Rekreasi Simatahari yang selama ini tidak jelas. Selain itu, Aliansi Masyarakat Labusel juga menyoroti soal kinerja DPRD dalam membangun harmonisasi kerja dengan Bupati Labusel H Edimin.

Menanggapi tuntutan para pengunjuk rasa, Zainal Harahap yang menemui delegasi, malah mengamuk dan menantang. Ia membantah semua tuntutan yang disampaikan.

"Kau tahu Simatahari punya siapa. Itu punya Pemkab. Tidak ada kami punya itu. Adukan saja ke KPK, adukan saja kemana-mana. Gak usah kesini," kata Zainal yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Labusel dengan nada tinggi.

Zainal juga menantang untuk para pengunjuk rasa berkelahi dengan emosi. Ucapan Zainal kemudian memicu aksi saling mendorong dengan pengunjuk rasa. Namun, aparat Kepolisian dan Satpol PP yang berada di lokasi melerai kedua belah pihak.

Pengamat Hukum dan Sosial, Bambang Santoso menyesalkan perbuatan Wakil Ketua DPRD Labusel, Zainal Harahap yang diduga emosional dan mengeluarkan kata-kata bersifat provokatif.

"Dari yang saya cermati di media sosial, video Wakil Ketua DPRD Labusel Zainal Harahap, tidak mencerminkan seorang wakil rakyat dalam menerima para pengunjuk rasa. Dalam negara hukum yang demokratis seperti Indonesia ini, DPRD adalah wakil rakyat yang berarti harus menerima aspirasi rakyat sebagai bagian dari tugasnya," kata Bambang kepada wartawan.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Redaksi

Baca Juga