Sekilas Info

Wabup Nagekeo Minta Penenun Berinovasi, Kemendikbud Dorong Penenun Masuk Sekolah

Wakil Bupati Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, Marianus Waja.

Nagekeo - Wakil Bupati Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Marianus Waja meminta kepada kaum perempuan di wilayahnya, yang keseharian menggeluti tenunan khas daerah untuk terus berkarya dan selalu berinovasi menciptakan karya-karya baru.

Hal itu dikemukakan Marianus Waja saat membuka Workshop Pewarna Benang dengan Bahan Alami yang diikuti 40 orang peserta se-Kabupaten Nagekeo, di Aula Hotel Pepita Danga, Mbay, Senin (04/10/2021).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Nagekeo juga mendorong para penenun agar selalu meningkatkan kapasitas diri guna mengambil peluang pasar yang tersedia.

"Dengan melihat peluang pasar, saya minta adik adik (peserta Workshop) mengikuti workshop dengan tekun," ujar Marianus Waja.

Dia berharap peserta workshop dapat menyerap ilmu melalui workshop singkat ini, sehingga mampu menciptakan iklim usaha di wilayahnya masing-masing.

Baca juga: Geger, Warga Mbay Dikejutkan Penemuan Mayat di Kolam Bekas Galian Proyek

Menurut Marianus pelatihan ini merupakan wujud perhatian pemerintah pusat dalam mendorong masyarakat untuk selalu melestarikan identitas budaya leluhurnya.

"Ketika orang (luar) menghargai budaya tenun, berarti kita mampu menunjukan identitas (budaya) kita sebagai orang Nagekeo," katanya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Vian Kassa
Editor:Redaksi
Photographer:Istimewa

Baca Juga