Sekilas Info

Mantan Ajudan Soekarno, Warsito Bertahan Hidup Jualan Kopi Keliling Jakarta

Kisah Warsito penjual kopi keliling yang pernah jadi pengawal pribadi Soekarno. ©2021 Kanal Youtube Amy Abadi/Merdeka.com
Kisah Warsito penjual kopi keliling yang pernah jadi pengawal pribadi Soekarno. ©2021 Kanal Youtube Amy Abadi/Merdeka.com

Jakarta-Warsito (85), seorang mantan pengawal pribadi istana yang dulu pernah menjadi orang kepercayaan Presiden Soekarno. Pria paruh baya itu sempat viral di dunia maya lantaran kisah hidupnya yang membuat terenyuh.

Dalam sebuah wawancaranya di kanal Youtube Amy Abadi, kakek asal Ambarawa, Kabupaten Semarang itu sempat menceritakan kisah pilunya. Ia tidak bisa mengambil jatah pensiun karena surat-suratnya hilang ditelan bencana banjir.

Tak sampai di situ, ia kini harus hidup mandiri tanpa meminta kepada orang lain, termasuk sang anak yang lama tak mengunjunginya. Ia setiap hari harus berkeliling menyusuri jalan Ibukota untuk sekadar mengisi perut. Begini kisah pilu Warsito?

Warsito mulanya mengikuti jejak sang kakak, Suprayono untuk bekerja di istana. Saat itu ia banyak membantu aktivitas kepresidenan. Warsito muda juga sempat bertempat tinggal di kediaman Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Tak lama berselang, Ia diangkat menjadi pengawal pribadi Presiden Soekarno berpangkat Polisi karena memiliki kemampuan serba bisa. Bahkan di waktu yang bersamaan, dirinya juga mengerjakan keperluan administrasi kantor hingga montir mobil.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Bejo
Editor: Redaksi
Photographer: Youtube Amy Abadi/Merdeka.com

Baca Juga