Sekilas Info

Lelaki Terakhir & Dunia Yang Hilang

Kepala Subdit IKM Minuman dan Bahan Penyegar Ditjen IKM Pangan Barang dari Kayu dan Furnitur Kemenperin, Endang Purweni saat menerima Arabica Coffee Tiyom dari Denny Jigibalom di Jakarta

Berikutnya dilakukan upaya loncatan terobosan oleh NK meliputi penerapan konsep aplikatif crowd economy+pentahelix (proses metode tahapan yaitu : basic mentality, capacity building dan business ethic) yang mengacu kepada sosial, budaya dan pola kemasyarakatan dari petani biokopi arabika di Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

Komoditi pertanian/perkebunan organik yang telah dilakukan BPPT dengan penerapan integrated farming dan konservasi lahan (1985-1995) di Kabupaten Lanny Jaya yang dahulu menghadirkan beragam macam komoditi organiK (kopi, bawang putih tunggal, 40 macam ubi, buah merah, kacang, aneka ragam sayuran, kedelai, gandum, dan lainnya) di Tiom saat itu hingga sekarang.

Namun, NK menitikberatkan di awal ini kepada tanaman kopi jenis arabika yang di kelola dengan organik untuk biokopi arabika (varietas Tipika, Kartika, Lini s, dan Catimor jaluk/kate) yang telah di mulai sejak tahun 1985 oleh BPPT dengan areal luasan kebun kopi mencapai 400 Ha.

Upaya NK ini mendapatkan antusias tinggi+positif dari petani biokopi arabika di Kabupaten Lanny Jaya pada umumnya.

Hal itu terlihat dari perjalanan dan kehadiran NK di Tiom di tahun 2018 dan masih terus berproses sampai dengan saat ini.

Rasatana.com-Trading House of UKM Papua yang dimotori oleh : Michael Jakarimilena (Miki) selaku Musisi, Timotius Sangian (Tim) & Nico Koibur keduanya selaku Software Developer dari Provinsi Papua.

Selanjutnya 1 2 3 4 5 6
Penulis: Arisman/Tim NK
Editor: Redaksi

Baca Juga