Sekilas Info

Sebuah Contoh Keberhasilan Pelayanan Publik

Penulis

Oleh: Alianca Lopes*

Kabupaten Bangka merupakan salah satu Kabupaten yang terdapat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kabupaten Bangka menjadi salah satu Kabupaten yang terdepan dan terbaik pada bidang pelayanan publik.

Komitmen pemerintah Kabupaten Bangka sangat kuat untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik dengan mempedomani Undang - Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Adapun yang menjadi keunggulan dari Kabupaten Bangka adalah upaya strategi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Bangka sehingga mencapai apa yang menjadi keinginan untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima dan upaya prioritas daerah yang telah dilakukan pemerintah Kabupaten Bangka dalam mensiasati kinerja pelayanan publik di antaranya pemenuhan standar pelayanan publik.

Dilaksanakan dengan baik sesuai dengan standar pelayanan publik. Semua dilakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Upaya Peningkatan Pelayanan Publik

Penyelenggara pelayanan publik berkewajiban melayani setiap warga Negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik yang merupakan amanat undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. (UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Pasal 1 ayat 1) pelayanan pada dasarnya didefinisikan sebagai aktifitas seseorang, sekelompok dan atau organisasi baik secara langsung maupun tidak langsung untuk memenuhi kebutuhan.

Jadi dapat dikatakan bahwa dalam pelayanan terdapat dua aspek yaitu pertama, seseorang atau warga Negara, aspek kedua organisasi dan pemenuhan kebutuhan.

Memahami konsep pelayanan publik secara sederhana dapat digambarkan sebagai pemberian layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan, dengan bertujuan untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan keinginan masyarakat pada umumnya.

Kualitas pelayanan publik merupakan tolak ukur untuk menentukan bagaimana kinerja layanan publik di suatu lembaga penyedia layanan publik.

Standar pelayanan publik sebagai tolok ukur yang digunakan sebagai pedoman penyelenggara pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur (Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik).

Keberhasilan yang diraih oleh Kabupaten Bangka, dasar pemikirannya adalah: pertama , pelayanan publik yang baik dapat terwujud manakala seorang pemimpin pemerintahan harus mempunyai sifat melayani dan peduli kepada warganya.

Kedua, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka sebagai penyelenggara pelayanan publik dalam melakukan pelayanan berpedoman pada peraturan perundang - undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketiga, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka dalam melayani masyarakatnya menggunakan standar pelayanan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan yang prima kepada warganya.

Keempat, Pemerintah Kabupaten Bangka melakukan transfromasi secara terus - menerus dalam praktik manajemen pelayanan public dengan mengadopsi nilai – nilai yang selama ini berkembang di sektor bisinis seperti enterprenuership, kepeduliaan kepada pengguna, orientasi pada revenue - generating dan penghasilan, telah mendorong terjadinya perubahan yang sangat berarti dalam praktik layanan publik yang gemilang di masa depan.

*Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi  Negara, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Fajar Timur, Atambua

Penulis: Alianca Lopes
Editor: Redaksi

Baca Juga