Sekilas Info

Disetujui DPR, Ini Profil 3 Provinsi Baru di Indonesia

Penduduk Papua.

3. Papua Selatan (Anim Ha): Ibu Kota Merauke

- Kabupaten Merauke
- Kabupaten Mappi
- Kabupaten Asmat
- Kabupaten Boven Digoel

Anim Ha merupakan wilayah terluas sekaligus kawasan terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Daerah ini merupakan dataran rendah bersavana dengan floranya yang mirip flora benua Australia dan dataran berawa-rawa yang ditumbuhi pohon sagu di sungai-sungai. Jumlah populasinya sekitar 5.000-7.000 jiwa.

Pemerintah Provinsi P apua menetapkan daerah pengembangan wilayah Anim Ha sebagai pusat pengembangan pangan melalui Pengembangan Kawasan Pangan Merauke (PKPM).

Disamping itu kawasan Anim Ha ini juga dijadikan pusat pengembangan perkebunan untuk tanaman tebu, karet dan sawit, pengembangan perikanan di Merauke dan Asmat, pengembangan peternakan sapi di Merauke, serta pengembangan wisata budaya Asmat, sejarah Boven Digoel, dan keanekaragaman hayati Merauke.

Sesuai dengan data tahun 2015 dari Badan Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) Provinsi Papua, Lahan untuk perkebunan di Kabupaten Merauke tersedia seluas 1.434.750 hektar yang baru dimanfaatkan 0,68% atau 9.768 hektar. Sedangkan di Boven Digoel lahan yang tersedia seluas 618.200 hektar yang baru dimanfaatkan baru 3% atau 18.541 hektar.

Lalu di Kabupaten Mappi, baru memanfaatkan lahan seluas 5.069 hektar atau 0,86% dari lahan seluas 591.767 hektar yang tersedia. Terakhir di Kabupaten Asmat, dimana lahan yang tersedia seluas 168.730 hektar dan baru dimanfaatkan seluas 50 hektar atau 0,03% seperti dilansir dari merdeka.com.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga