Sekilas Info

Pria Penerima Transplantasi Jantung Babi Meninggal Dunia 2 Bulan Setelah Operasi

Pria Penerima Transplantasi Jantung Babi Meninggal Dunia 2 Bulan Setelah Operasi

Maryland - Penerima transplantasi jantung pertama dari babi dikabarkan meninggal dunia.

"Seorang laki-laki yang menerima transplantasi jantung pertama dari babi dua bulan lalu telah meninggal," kata Pusat Medis Universitas Maryland, Jumat, 11 Maret 2022.

Dokter tidak mengatakan alasan spesifik David Bennett, 57 tahun, yang meninggal hari Selasa (8/3/2022), tetapi hanya mengatakan kondisinya memburuk selama beberapa hari terakhir.

"Kami berterima kasih atas setiap momen inovatif, setiap mimpi gila, setiap malam tanpa tidur dalam upaya bersejarah ini," kata putra Bennett, David Bennett, Jr., dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Fakultas Kedokteran Universitas Maryland. "Kami berharap kisah ini bisa menjadi awal dari harapan dan bukan akhir."

Sebelum transplantasi jantung babi dilakukan pada 7 Januari, kesehatan Bennett buruk dan tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan jantung manusia.

Transplantasi organ dari hewan – xenotransplantasi – sebagian besar gagal karena tubuh manusia segera menolaknya, tetapi dalam kasus ini, babi telah dimodifikasi secara genetik dengan gen manusia dengan harapan bisa menunda penolakan.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Andi
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa/VOA Indonesia

Baca Juga