Sekilas Info

Ikan Paus Sepanjang 10,15 Meter Mati di Perairan Laut Alor

Nelayan saat pertama kali menemukan Ikan Paus yang mengambang mati di perairan laut Alor, Senin (22/11/2021) sore. foto: Istimewa
Nelayan saat pertama kali menemukan Ikan Paus yang mengambang mati di perairan laut Alor, Senin (22/11/2021) sore. foto: Istimewa
Alor - Seekor ikan Paus berukuran panjang 10,15 meter dengan panjang mulut ke arah sirip punggung 5,8 meter ditemukan mati mengambang di perairan Desa Sabanjar, Kecamatan Alor Barat Laut (Abal), Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Senin (22/11/2021) sekira pukul 16.00 Wita. Kabar tersebut sontak menghebohkan warga Kabupaten Alor.

Penemuan bangkai ikan yang tergolong dalam kelompok mamalia di lautan ini, ditemukan Ahmad Resah Budiman, seorang nelayan warga Desa Alor Besar saat sedang melaut. Usai mengetahui paus tersebut tengah mengambang tak bernyawa, nelayan itu langsung menginformasikan kepada seorang pengelola Nautika Dive Hansen Oel.

Hansen Oel pun langsung menghubungi Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas. Setelah mmeperoleh informasi, Kapolres Alor bersama tim dari Kantor Staf Kantor Cabang Dinas (KCD) Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT wilayah Kabupaten Alor, Personil Satpolairud Polres Alor, WWF Alor, SAR Alor, staf DKP kabupaten Alor, serta Yayasan Taka menuju Sabanjar untuk mengevakuasi bangkai Paus.

Dandim 1622 Alor Letkol Inf Supyan Munawar dan personel Kodim 1622 Alor pun turut terlibat dalam tim perbantuan evakuasi Paus untuk di kuburkan.

Setelah tiba di tempat kejadian perkara (TKP), tim yang dipimpin Kapolres Alor langsung mengukur dan melakukan pemeriksaan awal terhadap bangkai Paus. Berikut data ukuran Ikan raksasa yang mati di perairan laut kabupaten Alor.

- Panjang ikan 10,15 meter
- Panjang rongga mulut ke mata 3,40 meter
- Panjang moncong ke mata 1,67 meter
- Lebar sirip dada 60 cm
- Panjang mulut ke sirip punggung 5,8 meter
- Lingkar badan 12 meter

- Panjang sirip ke kelamin 3,7 meter
- Jarak lubang kelamin ke anus 10 cm
- Lebar ekor : 1,6 meter
- Lebar dada : 1,6 meter
- Ditemukan luka pada hidung
- Panjang mulut 1,55 meter

Setelah mendata bagian-bagian pada Paus naas tersebut, tim yang dipimpin Kapolres Alor dibantu warga lalu mengevakuasi ke daratan untuk dikuburkan.

"Melakukan upaya evakuasi bangkai ikan Paus ke tempat yang aman agar bisa dilakukan penguburan," kata Kapolres Alor Agustinus Christmas saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Ikan Paus yang mati mengambang sebelum dievakuasi ke daratan, Senin (22/11/2021) sore.
Ikan Paus yang mati mengambang sebelum dievakuasi ke daratan, Senin (22/11/2021) sore.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Redaksi

Baca Juga