Sekilas Info

Inspirasi dari Pulau Kenari

Ketua Umum PP GMKI Jefri Gultom

Pertama, masalah Papua yang sudah lama menumpuk, kita secara budaya seperti sudah tak saling percaya. Sepertinya setengah hati mencari jalan keluar untuk menyelesaikan persoalan Papua.

Kedua, menjelang Idul Fitri 1442 H, 13 Mei 2021 tepatnya 11 Mei 2021 ada 4 warga poso tewas dibunuh kelompok teroris MIT.

Ketiga, badai siklon tropis seroja yang mengguncang NTT pada awal bulan April lalu tampak memporak-porandakan bangunan fisik maupun psikis masyarakat.

Pada poin yang terakhir ini, saya ingin membagikan pengalaman ketika sedang berkunjung ke Kabupaten Alor.
Di daerah Alor, keganasannya terlihat karena menghancurkan rumah-rumah warga.

Fasilitas seperti sekolah dan rumah ibadah rusak dan runtuh. Bahkan kelihatannya hampir rata dengan tanah. Tidak sedikit warga juga yang ditemukan meninggal akibat diterpa badai, banjir, longsor serta tertimpa reruntuhan bangunan.

Badai yang melanda saudara/i kita di Alor dan daerah lainnya di NTT tentu meninggalkan luka dan traumatik mendalam. Pengalaman kebencanaan ini pastinya menggoreskan kisah kelam yang tersimpan dalam memori panjang masyarakat.

Sekarang, saudara/i kita sementara dalam tahapan pemulihan. Mereka tampak bergiat membersihkan puing-puing kehancuran. Bersemangat untuk membangun kembali fasilitas umum dan rumah huniannya. Termasuk berharap agar badai yang baru saja berlalu enggan datang kembali.

Bangunan SMP Negeri Maleipea di Desa Maleipea, Kecamatan Alor Selatan, Kabupaten Alor, NTT yang terdampak bencana Topan Seroja pada awal April 2021 silam.

Yang paling memprihatinkan adalah gedung sekolah yang memang membutuhkan pembangunan secara total. Kenapa harus gedung sekolah? Karena ini kunci kemajuan masa depan yang sesuai dengan program pendidikan nasional "Merdeka Belajar.”

Sembari mengusahakan proses pembangunan sebenarnya perpustakaan untuk pengadaan buku-buku, lalu buku-buku pelajaran untuk anak-anak sekolah, serta pelengkap seperti pakaian sekolah dan keperluan individu anak-anak.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Jefri Gultom
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga