Sekilas Info

Pandemi Covid-19, Orang Tua Diingatkan Soal Kesehatan Mental Anak

Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi mengikuti Seminar Nasional Parenting Akbar "Menjaga Kesehatan Mental Anak di Masa Pandemi" secara virtual, Sabtu (26/9), dari Rumah Dinas Gubernur Sumut.

Menjaga kesehatan mental anak, lanjut Nawal, dapat dilakukan dengan menciptakan suasana yang penuh kasih sayang, positif, kondusif dan aman di dalam rumah. "Mungkin tidak mudah, apalagi ditambah dengan masalah ekonomi. Pesan saya kuatkan hati kita dengan ibadah," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia (RI) Nadiem Anwar Makarim dalam seminar mengatakan bahwa untuk menjaga kesehatan mental anak, para orang tua diharuskan terlebih dahulu melihat ke dalam diri sendiri. Memastikan diri dan pasangan tidak stres yang berujung pada ketidakharmonisan keluarga.

"Luangkan waktu untuk memberikan kasih sayang, bermain dan berbincang untuk mengetahui kondisi atau perasaan anak. Jangan sibuk dengan gawai dan melupakan anak. Jika anak bermain gawai, pantau dan awasi apa yang mereka buka," ucap Nadiem.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Ucok Iswandi
Editor: Red24

Baca Juga