Sekilas Info

Pejabat Diduga Arahkan Kades Dukung Capres 02, Direktur MATA Minta Bawaslu dan Ombudsman Tuntaskan

Direktur MATA Pelayana Publik, Abyadi Siregar. (foto : dok pribadi)

Jadi, lanjut Abyadi Siregar, pemerintah jangan menganggap hal ini sebagai masalah sepele. Ini harus ditangani secara serius. Untuk itu, Bawaslu harus bekerja dengan segera.

“Sesuai perintah UU, bila Bawaslu menemukan indikasi tindak pidana dalam rekaman suara yang viral itu, segera disampaikan kepada Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Sehingga kasus ini diproses secara terang benderang,” pintanya.


BACA JUGA
Timnas AMIN Beni Pramula Hadiri Deklarasi Indonesia Bersaksi Se-Kota Medan

Pasangan Ganjar-Mahfud Siapkan Program ‘Punya Rumah Semudah Punya Motor’


Abyadi menuturkan bahwa, kasus ini harus terungkap terang benderang. Kalau pun pelakunya bukan oknum pejabat seperti yang disebutkan dalam rekaman itu, namun Bawaslu atau Gakkumdu harus bisa mengungkap dan mengumumkan ke publik suara siapa dalam rekaman yang mengarahkan kepala desa memenangkan Prabowo-Gibran itu.

Libatkan Ombudsman RI

Abyadi kembali menekankan, bila Bawaslu dan Gakkumdu tidak melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mengusut kasus ini, lembaga negara yang mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, yakni Ombudsman RI harus turun untuk menangani kasus ini.

“Ombudsman RI Perwakilan Sumut harus menangani kasus ini bila Bawaslu atau Gakkumdu tidak melakukan tugasnya sesuai perintah UU No 7 tahun 2017. Ombudsman RI bisa memanggil dan meminta keterangan Bawaslu Provinsi Sumut atau Bawaslu Kabupaten Batubara. Bahkan, Ombudsman RI bisa juga memanggil dan meminta keterangan Gakkumdu,” tegasnya.

Patut diketahui, sebelumnya sebuah rekaman audio pembicaraan beberapa orang dengan mengarahkan agar kepala desa memenangkan pasangan Capres Prabowo-Gibran viral di jejaring media sosial. Namun, sampai saat ini belum ada penjelasan dari pihak berwenang atas viralnya rekaman pembicaraan itu, termasuk dari Bawaslu.


BACA JUGA
Persaudaraan 98 Sumut Bentuk Sekber Rumah Relawan Pemenangan Prabowo-Gibran

Hasil Survei Lembaga Kredibel: Pilpres 2 Putaran, Ganjar-Mahfud Berhadapan Prabowo-Gibran


Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Devis Karmoy

Baca Juga