Sekilas Info

Inovator

Mahasiswa USU Ciptakan Komik ‘Ayo Bela Teman Kita’ untuk Pencegahan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi

Medan - Mahasiswa dari Program Studi Antropologi Sosial, Universitas Sumatera Utara (USU), telah menciptakan sebuah komik yang bertujuan untuk mencegah kekerasan seksual di kalangan mahasiswa perguruan tinggi.

Komik yang diberi judul "Ayo Bela Teman Kita," berisi panduan tentang tindakan yang dapat diambil oleh mahasiswa untuk melindungi diri mereka dan teman-teman mereka dari ancaman kekerasan seksual di lingkungan kampus.

David Dodi Lumbantobing, seorang mahasiswa di Prodi Antropologi Sosial dan Ketua Tim pembuatan komik, menjelaskan bahwa proyek ini mendapatkan pendanaan melalui Program Kreativitas Mahasiswa yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim mereka berhasil melewati kompetisi dan seleksi yang ketat untuk mendapatkan dukungan ini.

Baca juga: Menulis: Mengasah Bakat atau Hasil Keseriusan?

Baca juga: David Dodi Lumbantobing, Suara Mahasiswa yang Berani Melawan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi

Menurut Paula Sigiro, anggota tim, USU memiliki seleksi dan kompetisi internal, dan hanya sedikit proposal mahasiswa yang diterima untuk didanai di tingkat nasional. Tim mereka adalah salah satu dari kurang 100 proposal yang berhasil mendapatkan dukungan khusus untuk USU.

Tim ini, yang juga terdiri dari Novi Nazara dan Cecilia Sitanggang, merancang komik mereka berdasarkan hasil wawancara dengan berbagai pihak, termasuk mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan Satuan Tugas Penanggulangan Kekerasan Seksual di dua perguruan tinggi di Sumatera Utara. Data-data yang dikumpulkan dari wawancara ini digunakan sebagai dasar untuk konten komik mereka.

Cecilia Sitanggang menjelaskan bahwa komik ini ditujukan untuk mahasiswa perguruan tinggi dan dirancang dengan bahasa yang menarik dan gaya yang relevan bagi kalangan mahasiswa. Mereka juga menggunakan figur mahasiswa, termasuk diri mereka sendiri, dalam komik tersebut.

Baca juga: Kekuatan Publik dan Media dalam Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua

Dr Fotarisman Zaluchu SKM MPH, seorang dosen di Prodi Antropologi Sosial yang membimbing tim ini, mengungkapkan kekhawatirannya terhadap masalah kekerasan seksual di perguruan tinggi. Ia berharap komik ini dapat membantu mahasiswa untuk lebih berani melawan kekerasan seksual dan memperkuat solidaritas di antara mereka.

Tim ini berencana untuk menguji coba komik ini dalam waktu dekat di kelas-kelas. Jika uji coba tersebut berhasil, mereka juga akan mengurus hak cipta atas komik ini.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Dedy Hutajulu
Editor: Dedy Hutajulu

Baca Juga