Sekilas Info

Ombudsman Sumut-KPPU Koordinasi Bahas Pengawasan Pupuk Bersubsidi

Ilustrasi Pupuk Bersubsidi

Medan - Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) dan Kantor Wilayah (Kanwil) 1 Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Medan, melakukan koordinasi terkait pengawasan distribusi pupuk dan harga pupuk bersubsidi di Sumut yang kerap dikeluhkan langka oleh petani dan harganya yang terlalu tinggi.

Dalam rapat koordinasi ini, Kakanwil I KPPU Ridho Pamungkas langsung memimpin tim KPPU, sedang dari pihak Ombudsman dipimpin Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar dan Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan Mori Yana Gultom, yang berlangsung di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumut Jalan Sei Besitang No.3, Sei Sikambing D, Medan Petisah, Kota Medan, Senin 17 Juli 2023.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar kepada wartawan usai pertemuan tersebut menjelaskan, koordinasi antara Ombudsman dan KPPU dilakukan untuk membahas keluhan para petani atas kelangkaan dan mahalnya harga pupuk bersubsidi.

Baca juga: Profesor Asmuni Dilaporkan ke Polrestabes Medan

Apalagi, pada 29 Mei 2023 lalu, Ombudsman Perwakilan Sumut melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Gudang Lini 3 PT Pupuk Indonesia (Persero) di Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.

"Pihak KPPU menyatakan tertarik dengan hasil sidak tersebut, sehingga mereka berencana akan menindaklanjutinya. Apalagi dari sidak itu Ombudsman menemukan ratusan ton pupuk bersubsidi tertimbun di gudang. KPPU berencana melakukan Sidak ke sejumlah gudang pupuk bersubsidi," ujar Abyadi.

Dalam pertemuan koordinasi pengawasan dengan KPPU itu, Abyadi menjelaskan, Ombudsman melakukan Sidak karena adanya laporan masyarakat yang mengeluhkan kelangkaan pupuk bersubsidi di pasaran pada saat musim memupuk. Walaupun masih tersedia di kios pupuk, harganya sudah sangat mahal dan jauh di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Ali Imran
Editor: Redaksi

Baca Juga