Sekilas Info

Terlibat Perdagangan Satwa Dilindungi, Oknum Guru Honorer dan Warga Aceh Diamankan Polres Taput

Kapolres Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi bersama Wakapolres dan petugas BKSDA saat merilis pengungkapan kasus perdagangan satwa liar dilindungi, Selasa (9/8/2022) di Mapolres Tapanuli Utara.

dailyklik, Taput - Polres Tapanuli Utara (Taput) mengamankan dua orang pelaku perdagangan sisik Tenggiling dan paruh Burung Rangkong dari dua lokasi berbeda di Kecamatan Tarutung, Taput.

Kedua pelaku perdangan satwa terlindungi tersebut masing-masing inisial LRS (33) dan S (44). LRS merupakan guru honorer yang beralamat di Desa Bahal Batu Tiga, Siborongborong, Taput. Dalam kasus ini LRS sebagai penjual sisik trenggiling.

Sedangkan S adalah pelaku perdagangan ilegal Paruh Rangkong Gading merupakan warga Desa Matang, kecamatan Trienggadeng, kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

LRS dan S saat ini berstatus tersangka. Keduanya diamankan pada Sabtu (6/8/2022) ditempat yang berbeda. LRS diamankan sekira pukul 13.00 WIB saat bertransaksi jual beli sisik Trenggiling di Jalan Mayjend DI Panjaitan, tepatnya di SPBU BPS Huta Toruan X, Tarutung.

Sedangkan S diamankan sekira pukul 18.20 WIB, saat akan menjual paruh burung rangkong gading di Tugu Lonceng Kelurahan Huta Toruan VI, Tarutung.

Kasubbag Humas Polres Taput Aiptu Walpon Barimbing menyebutkan, bahwa awalnya petugas mendapatkan informasi dari masyarakat tentang kedua tersangka yang penyimpanan sisik trenggiling dan akan melakukan transaksi di salah satu SPBU yang berada di Tarutung.

Petugas yang terdiri dari tim Opsnal Sat Reskrim Polres Taput pun bergegas dan melakukan penyeledikan di lokasi dimaksud.

"Sekira pukul 13.00 WIB pelapor dan tim opsnal Sat Reskrim Polres Taput menemukan seseorang mencurigakan yang membawa dua karung yang diduga membawa sisik trenggiling," ungkap Kassubag Humas Polres Taput, Selasa (9/8/2022) kepada para wartawan di Taput.

Merugikan Negara Rp2,1 miliar

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Marulak L Tobing
Editor: Redaksi
Photographer: Ist

Baca Juga