Sekilas Info

Mahasiswa Ukrida Berbagi Kasih di PAUD Ihwanul Muslimin Jakarta Barat

dailyklik, Jakarta - Tim mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) mendapat pengalaman berharga dalam hal mengajar di salah satu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di kawasan Kalideres Jakarta Barat.

Merek mengajar anak-anak PAUD Ihwanul Muslimin. Ini merupakan bentuk kegiatan Pelayanan Komunitas dari Tim yang beranggotakan Melyn, Viery Andrean, dan Yonathan Hartono.

Kehadiran Tim Mahasiswa Ukrida diterima dan disambut baik oleh pengelola dan guru PAUD Ihwanul Muslimin. Sikap toleransi dan saling menghormati sungguh nyata.

Kami mengajar di sini sebanyak delapan kali pertemuan, yang menyisakan pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan, selama berinteraksi bersama anak-anak.

Mahasiswa Ukrida melakukan foto bersama kepala sekolah dan guru-guru PAUD Ihwanul Muslimin

Selama delapan kali pertemuan, kami mengajar di setiap hari setiap Jumat. Suasana kelas yang sangat menyenangkan membuat kami selalu bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Selain itu, kami juga membimbing anak-anak untuk membuat prakarya dari kertas HVS. Prakarya yang dibuat seperti membuat topi zig-zag, topi dayak, dan sebagainya.

Pada kesempatan lain kami mengajak anak-anak untuk belajar berghitung, melengkapi kata, mengenal warna-warna dan mewarnai. Melakukan permainan (games) dan bernyanyi bersama-sama, membuat interaksi menjadi menyenangkan.

Senyuman ceria yang aktif dari anak-anak PAUD membuat menjadi semakin bersemangat dalam melakukan kegiatan-kegiatan bersama mereka.

Anak-anak PAUD Ihwanul Muslimin umumnya mempunyai karakter yang mudah akrab dan ramah, sehingga kami tidak perlu membutuhkan waktu yang lama agar dapat menyesuaikan diri untuk berinteraksi dengan mereka.

Dalam setiap memulai kegiatan bersama mereka, terlebih dahulu mengucapkan salam, seperti selamat semangat pagi, yang kemudian disambut anak-anak PAUD secara berbarengan.

Sesudah mengucapkan salam, kemudian menyanyi bersama sebelum melakukan aktivitas proses belajar mengajar. Kelas yang kami ajar terbagi menjadi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok A dan B. Rentang usia anak-anak usia dini adalah 4-6 tahun.

Mahasiswa Ukrida dan anak-anak Paud membuat prakarya topi Dayak

Hal yang sangat bermaanfaat yang kami dapat selama melakukan aktivitas Pelayanan Komunitas di PAUD Ihwanul Muslimin adalah bisa mengenal lebih dekat masyarakat yang ada di sekitar kami beserta dengan permasalahannya.

Selain itu, bagi kami sendiri kami bisa melatih bekerja tim dan saling membantu. Pengalaman mengajar anak-anak usia dini adalah pengalaman yang tidak terlupakan, karena tidak mudah untuk menjadi sebagai seorang guru. (*)

Penulis:

Baca Juga