Sekilas Info

IWO Sumut Kecam Keras Kasus Penganiayaan Terhadap Wartawan di Deli Serdang

Ketua PW IWO Sumut, Yudhistira.

Medan - Bentrokan petugas keamanan PTPN2 Tanjung Morawa dengan warga yang berujung pada penganiayaan terhadap seorang wartawan media online bernama Hasmar Beny Haspi, turut menuai respon dari Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Utara (Sumut).

Ketua PW IWO Sumut, Yudhistira dengan tegas mengecam keras tindakan yang dinilainya sangat biadab tersebut.

"Apa salah wartawan? Korban tengah melakukan peliputan, lalu terjadi bentrokan antara pihak PTPN2 dengan warga, lalu kenapa wartawan yang sedang menjalankan tugasnya malah menjadi sasaran," ucapnya, Jumat (25/3/2022).

Berdasarkan laporan yang diterimanya dari PD IWO Deliserdang, korban dikeroyok dan dianiaya secara sadis oleh pelaku yang diyakininya dikenal pihak PTPN2.

Baca juga: Meliput Penggusuran Lahan di Deli Serdang, Wartawan Diduga Dianiaya Sekelompok Orang

"Sepertinya motifnya ada unsur kesengajaan. Bahkan akibat kejadian itu, tak hanya menderita luka-luka, ponsel korban juga hilang. Kalau saya menilai ini seperti ada upaya merampok atau memang berupaya menghilangkan jejak yang ada di rekaman ponsel korban," sebutnya.

Karena itu, lanjut Yudis, perbuatan tersebut, jelas tak bisa ditolerir. Apalagi wartawan menjalankan tugas pokoknya di bawah UU Pers.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga