Sekilas Info

Peduli Budaya, Kades Rumah Sumbul Ajak Warga Lestarikan Jambur

Para pekerja bangunan tengah merehabilitasi Jambur yang ada di Desa Rumah Sumbul. Foto: Rustam Nduru
Para pekerja bangunan tengah merehabilitasi Jambur yang ada di Desa Rumah Sumbul. Foto: Rustam Nduru
Rumah Sumbul - Ruang Serbaguna atau Jambur dalam bahasa Karo merupakan bangunan yang tidak berdinding dan berpanggung. Jambur juga biasa disebut Los oleh masyarakat Karo, bangunan berbentuk luas ini biasa digunakan baik untuk pesta adat, pernikahan maupun perpulungan dalam suku Karo

Pelestarian terhadap peninggalan budaya ini perlu terus dilakukan sehingga nilai-nilai kearifan lokal yang tertuang di dalamnya dapat terpelihara. Hal itulah yang sedang dilakukan warga Desa Rumah Sumbul, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Seturut dengan semangat dan spirit melestarikan budaya oleh warga ini pun mendapat sambutan serta dukungan Kepala Desa (Kades) Rumah Sumbul, Makmur Barus.

Ditemui awak media ini ditengah kesibukannya, Makmur Barus tampak begitu antusias mendukung proses rehabilitasi bangunan Jambur yang sering digunakan warga untuk kegiatan pesta adat maupun duka cita.

"Kami akan terus membenahi Jambur ini untuk kegiatan budaya ditengah-tengah masyarakat, apa lagi selama ini Jambur  yang dimiliki Desa Rumah Sumbul sudah tidak layak di pakai untuk pesta atau pun acara yang lainnya," ujar Makmur Barus, Rabu (15/12/2021).

Sebagai aset dan budaya yang ada di Rumah Sumbul, Kades Makmur Barus berpesan kepada warganya untuk tetap merawat Jambur ini.

"Karena itu (Jambur) milik kita bersama," imbuh Makmur Barus yang juga incumbent pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan datang.

Disinggung tentang kesediaannya ikut kembali bertarung di Pilkades yang akan datang, Makmur Barus berdiplomasi bahwa hal itu dirinya kembalikan kepada pilihan politik warga desanya.

Kepala Desa Rumah Sumbul, Makmur Barus saat berada di lokasi Jambur yang sedang dalam rehabilitasi.
Kepala Desa Rumah Sumbul, Makmur Barus saat berada di lokasi Jambur yang sedang dalam rehabilitasi.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Rustam Nduru
Editor: Redaksi

Baca Juga