Sekilas Info

Bertemu Mensos, Angkie Yudistia Sampaikan Capaian Vaksinasi Khusus Disabilitas

Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) saat menerima plakat penghargaan dari Staf Khusus Presiden RI Bidang Sosial Angkie Yudistia, Rabu (29/9/2021) di Kantor Kemensos, Jakarta.

Jakarta - Menteri Sosial, Tri Rismaharini menerima kunjungan kerja Staf Khusus Presiden RI, Angkie Yudistia. Dalam pertemuan itu, Angkie menyampaikan laporan atas capaian vaksinasi COVID-19 khusus penyandang disabilitas yang dilaksanakan di enam provinsi.

Keenam provinsi dimaksud antara lain, provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Provinsi Bali.

Dalam kesempatan itu, Risma mengakui program vaksinasi terkhusus bagi penyandang disabilitas, memang sudah menjadi tugas Kemensos. Pihaknya juga terus mendorong kepada keluarga yang didalamnya ada penyandang disabilitas untuk bisa divaksin.

"Yang pertama adalah kita mendorong untuk saudara kita penyandang disabilitas agar mau divaksin," kata Risma, usai menerima Angkie di Kantor Kemensos, di Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Di kesempatan yang sama, Mensos juga menyampaikan berbagai persoalan menyangkut disabilitas kepada Angkie.

Menurut Risma, pemerintah perlu membuat sebuah kebijakan yang mengatur khusus penyandang disabilitas yang berat.

"Kita harus membuat sebuah kebijakan untuk disabilitas yang berat, jadi disabilitas ini tidak bisa apa-apa, dia tergantung dari orang lain untuk mengurus dirinya sendiri. Permasalahannya adalah banyak keluarga disabilitas tidak mau disabilitas ditangani di balai, mereka butuh biaya besar bukan hanya untuk hidupnya," ujarnya.

Lanjut dia menyebutkan bahwa, kadang ada disabilitas yang tidak bisa makan makanan yang keras.

"Sehingga mereka perlu minum susu dan pampers, dan itu butuh biaya besar," imbuhnya.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Dwinanto
Editor:Redaksi
Photographer:Istimewa

Baca Juga