Sekilas Info

Puluhan WB di Lapas Gunungsitoli Lulus Pendidikan Program Kesetaraan

Kalapas Klas II B Gunungsitoli, Sumatera Utara, Soetopo Barutu menyerahkan Ijasah kepada Warga Binaan (WB) di halaman Lapas Gunungsitoli, Kamis (17/6/2021). Sebelumnya puluhan WB Lapas Gunungsitoli telah mengikuti proses belajar hingga akhirnya ujian dan dinyatakan lulus melalui Pendidikan Program Kesetaraan di Lapas Gunungsitoli.

Penyerahan ijasah pun diberikan kepada WB Lapas Klas II Gunungsitoli bersamaan dengan upacara Hari Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Tahun 2021 yang berlangsung di halaman terbuka dalam lingkungan LP Klas II B Gunungsitoli, Kamis (17/6/2021) oleh Kepala SKB Gunungsitoli Fajar Yanti Nazara dan Kalapas Gunungsitoli Soetopo Barutu.

Suasana kebahagiaan pun terpancar di wajah para peserta didik dengan berbagai latar belakangan persoalan hukum yang mereka alami.

“Alhamdullilah kami juga di Lapas Gunungsitoli diberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan karena belum sempat lulus di luar (satuan pendidikan formal). Alhamdullilah kami berhasil dengan lulus berijazah, karenanya kami berterima kasih kepada pihak Lembaga Permasyarakatan," ujar Fauzan salah seorang Peserta didik di Lapas Gunungsitoli.

Sementara Kepala Lapas Gunungsitoli kepada para wartawan mengatakan, pendidikan bagi warga binaan merupakan bagian dari upaya memanusiakan manusia di Lapas, sehingga kelak memiliki masa depan yang cerah.

“kami membuka kesempatan kepada warga binaan kami untuk mengembangkan potensinya. Artinya penjara ini tidak menghalangi orang untuk bermimpi masa depannya oleh karena itu perlu terus didorong upaya memanusiakan manusia Indonesia di lembaga permasyarakatan,” tandas Soetopo Barutu.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Aliasa T
Editor: Redaksi
Photographer: Aliasa T

Baca Juga