Sekilas Info

Sebanyak 1,5 Juta Orang Keluar dari Jabodetabek hingga Hari Pertama Idul Fitri

Ilustrasi arus mudik/istimewa
Ilustrasi arus mudik/istimewa

Jakarta-Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyebut sebanyak 1,5 juta orang terpantau keluar dari wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) hingga hari pertama perayaan Idul Fitri 1442 H.

"Dari pos monitoring, lebih dari 1,5 juta orang keluar dari Jabodetabek menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan menuju Sumatera via Lampung. Khususnya perjalanan darat dan penyebrangan," ujar Adita dalam konferensi pers virtual, Kamis (13/5/2021).

Adita mengatakan, jumlah mobilitas masyarakat yang keluar dari Jabodetabek ini menurun di banding masa pengetatan mudik. Menurut dia, di masa peniadaan mudik ini, kebanyakan masyarakat sadar akan larangan mudik yang diberlakukan pemerintah.

"Dari catatan kami sampai 11 Mei 2021, tercatat di masa peniadaan mudik, penurunan aktivitas perjalanan menggunakan transportai umum sangat singifikan (dibanding masa pengetatan mudik)," kata dia dikutip dari Liputan6.com.

Dia menyebut, untuk perjalanan darat menurun hingga sekitar 86 persen, penyebarangan laut 62 persen, kereta api 88 persen, dan perjalanan udara menurun hingga 93 persen.

Penulis: Bejo
Editor: Redaksi

Baca Juga