Sekilas Info

Guru Susan Mendadak Lumpuh dan Alami Kebutaan setelah Divaksin, Ternyata karena Ini

Seorang guru di SMAN 1 Cisolok bernama Susan Antela (31) alami kebutaan seusai divaksin Covid-19./Tribun Jabar
Seorang guru di SMAN 1 Cisolok bernama Susan Antela (31) alami kebutaan seusai divaksin Covid-19./Tribun Jabar

Cisolok-Kondisi guru Susan Antela semakin membaik. Komisi Daerah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komda KIPI) Jawa Barat mengatakan kondisi Susan Antela, guru SMAN 1 Cisolok, Kabupaten Sukabumi, mengamini hal itu.

Ketua Komda KIPI Jabar Kusnadi Rusmil memastikan bahwa kelumpuhan dan kebutaan yang dialami Susan bukan disebabkan oleh vaksinasi, tetapi dari hasil analisa tim, hilangnya fungsi anggota tubuh guru ini dikarenakan GBS.

Susan yang tinggal di Kampung Pasirtalaga, RT 03/ 06, Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, menderita Guillain Barre Syndrome (GBS).

"Sampai saat ini belum ada bukti antara kelumpuhan dan kebutaan Susan terkait dengan vaksinasi. Tetapi setelah menjalani terapi kondisinya terus membaik dan bersangkutan sudah bisa menggerakkan tangan, kaki dan anggota tubuh lainnya serta penglihatannya pun sudah berangsur berfungsi walaupun masih buram," kata Kusnadi, Selasa (4/5) dikutip dari jpnn.com

Seperti hasil analisa yang dilakukan Komnas KIPI, keluhan kedua mata buram dan kelemahan anggota gerak dialami Susan setelah 12 jam menjalani vaksinasi.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Bejo
Editor: Redaksi

Baca Juga