Sekilas Info

Pelemahan Rupiah Dinilai Untungkan Eksportir CPO di Sumut

Ilustrasi.(Antarafoto)

Dailyklik.id, MEDAN - Kalangan pengamat ekonomi di Sumut meyakini para eksportir CPO di provinsinya menjadi salah satu pihak yang memperoleh keuntungan dari pelemahan rupiah. Hal itu karena penggunaan mata uang dolar AS dalam aktivitas transaksi di sektor tersebut.

"Pelemahan rupiah akan menguntungkan pengusaha eksportir karena pendapatannya dalam mata uang asing, umumnya US dolar," ungkap Gunawan Benjamin, Pengamat Ekonomi Sumut, Kamis (18/4).

Menurut dia, pelemahan rupiah bagi ekonomi Sumut tidak semuanya menjadi kabar buruk. Sebagian kalangan usahawan justru diuntungkan atau bahkan menikmati pelemahan rupiah.

Mereka adalah para eksportir yang banyak menjual produk dari komoditas kelapa sawit, khususnya CPO. Pelemahan rupiah diyakini Gunawan akan menambah pundi-pundi keuntungan mereka.

Hal itu karena aktivitas transaksi eksportasi CPO menggunakan mata uang asing, terutama dolar AS. Namun Gunawan menilai keuntunnya tidak terlalu besar karena pelemahan rupiah saat ini juga diikuti dengan penurunan harga CPO.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Yoseph Pencawan

Baca Juga