Sekilas Info

Pemilu 2024

Ganjar Pranowo Meluncurkan KTP SAKTI, TPN: Bisa Mengakses Semua Layanan Pemerintah

Ganjar Pranowo saat bersafari politik ke Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur baru baru ini (foto/IG @ganjar_pranowo).

JAKARTA - Calon presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, memperkenalkan inovasi terbarunya, KTP SAKTI (Satu Kartu Terpadu Indonesia), yang diresmikan dalam kunjungannya ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser, Kalimantan Timur.

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud, Haris Pertama, menjelaskan bahwa KTP SAKTI merupakan evolusi dari program kartu-kartu Presiden Jokowi, seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

"Kartu-kartu Pak Jokowi akan ditingkatkan kemudahan mengaksesnya serta pengelolaannya. Nanti, warga cukup menggunakan KTP SAKTI untuk mengakses semua layanan pemerintah, baik dari pusat hingga daerah, termasuk menerima bantuan sosial (Bansos)," ungkap Haris dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis 7 Desember 2023.

Baca juga: Capres Ganjar Pranowo ke IKN, Bukti Melanjutkan Komitmen Jokowi

Baca juga: Pertama Sambangi PWI, Capres Ganjar Pranowo Cetak Rekor Respon Cepat

Haris menekankan bahwa KTP SAKTI akan mempermudah dan mempercepat layanan publik, diiringi oleh kemajuan teknologi informasi yang menjadi landasan program ini. Integrasi teknologi informasi dan basis data dari berbagai kementerian dan lembaga, baik di tingkat pusat maupun daerah, akan diimplementasikan melalui program Satu Data Indonesia.

"Pak Ganjar, berpengalaman menjalankan program serupa ketika menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Integrasi teknologi informasi ini akan meningkatkan kualitas layanan pemerintah, membuat informasi dan data lebih kaya serta akurat, mendukung pengambilan keputusan yang lebih tepat sasaran," tambah Haris.

KTP SAKTI menjadi...

Selanjutnya 1 2
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Devis Karmoy

Baca Juga