Sekilas Info

Suksesi Panglima TNI

Letjen Bambang Ismawan Sosok Ideal yang Layak Suksesi TNI

Letjen Bambang Ismawan Sosok Ideal yang Layak Suksesi TNI

Jakarta - Gerbong suksesi Masa dinas keprajuritan Panglima TNI Jenderal Yudo Margono akan segera berakhir, seiring usia Yudo yang genap 58 tahun pada 26 November 2023 mendatang.

Kepemimpinan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Tentara Nasional Indonesia Jendral TNI Dudung Abdurrahman dalam waktu dekat juga akan mengalami pergeseran yang hampir bersamaan akan memasuki masa pensiun pada 19 November 2023.

Sementara proses demokrasi Pemilihan Umum di Indonesia diprediksikan akan menghadapi tantangan besar pada Pemilu 2024 yang akan datang. Di mana Bangsa ini untuk pertama kalinya menyelenggarakan pemilu serentak Pemilihan Presiden dan Wapres, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Letkol ABC Diserahkan ke Otmilti, Komitmen TNI: Kasus Suap di Basarnas Tidak Akan Ditutupi

Baca juga: Panglima TNI Yudo Margono Merotasi 156 Perwira Tinggi TNI

Sebanyak 18 partai politik nasional serta 6 partai lokal Aceh akan memperebutkan kursi legislatif pusat menuju Senayan dan daerah serta berjuang untuk memenangkan pasangan Capres-Cawapres yang akan berlangsung.

Pesta demokrasi 5 tahunan ini tentu saja membutuhkan peran serta TNI sebagai Patriot Bangsa yang turut serta mengawal sesuai tugas Undang-undang yang melakat pada TNI.

Pembina Konsorsium Sumatera Utara Beruntung, Haji Albiner Sitompul memprediksikan bahwa dengan berbagai tantangan yang ada, TNI membutuhkan sosok pemimpin yang bisa berperan sebagai dinamisator dan stabilisator untuk memastikan program pembangunan yang berkelanjutan dalam pemerintahan Joko Widodo.

Baca juga: Tim Nanggala Tembak Mati 5 Separatis Papua di Pegunungan Bintang, 3 Senjata Ikut Disita

Baca juga: Demi Ketahanan Negara, Panglima TNI Instruksikan Stop Wariskan Sampah

Menurut Albiner Sitompul, pengganti Panglima TNI yang akan datang harus mempunyai karakter kuat dan tenang, serta mapan dan pengalaman dalam masa penugasan sebelumnya, juga proaktif serta menguasai teritorial Darat.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Redaksi

Baca Juga