Sekilas Info

Pastikan WBP Bersih, Lapas Kelas IIA Sibolga Rutin Tes Urine

Pastikan WBP Bersih, Lapas Kelas IIA Sibolga Rutin Tes Urine

Sibolga - Untuk menjaga kondusifitas dan ketertiban di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Kepala Lapas Kelas IIA Sibolga, Indra Kesuma menginstruksikan kepada jajaran KPLP dan Adm Kamtib untuk melakukan tes urine bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (Wbp).

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap minggunya ini dilakukan dengan memilih secara acak warga binaan dan mengambil sampel urine dengan alat tes oleh petugas klinik Lapas Sibolga.

“Pada hari ini kita kembali melakukan tes urine bagi warga binaan, adapun tujuan dari dilakukannya tes ini yakni untuk memastikan bahwa tidak ada penyalahgunaan narkoba di dalam lapas. Ini juga merupakan komitmen kita bersama dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN)," ujar Indra kepada wartawan, Selasa (13/6/2023) lalu.

Baca juga: Beredar Kabar Penerimaan CPNS Sipir Lapas 2023, Kemenkumham: Itu Hoax

Lebih lanjut Kalapas menyampaikan bahwa Lapas Sibolga terus melakukan deteksi dini terhadap gangguan Keamanan dan Ketertiban, salah satunya dengan melakukan penggeledahan atau razia terhadap barang-barang terlarang termasuk tes urine bagi Wbp yang rutin dilakukan setiap minggu.

"Kita tidak akan memberi toleransi terhadap warga binaan yang terlibat narkoba dan melakukan pelanggaran, bahkan petugas sekalipun apabila terbukti terlibat maka akan kita tindak tegas sesuai peraturan yang berlaku," ujar Indra Kesuma.

Dari hasil pemeriksaan tes urine yang telah dilakukan terhadap Wbp Lapas Sibolga kali ini, tidak ada ditemukan adanya Wbp yang terindikasi menggunakan narkoba.

Baca juga: Temui H, Ombudsman Peroleh Informasi Peredaran Narkoba di Lapas Kelas I Medan

Selanjutnya 1 2
Penulis: Hendri Siadari
Editor: Redaksi

Baca Juga