Sekilas Info

Apakah Mata Minus Bisa Sembuh?

Tim Mahasiswa Prodi Optometri UKRIDA yang beranggotakan: M. Ma’sum, Danang Kusuma, Haerudin dan Seri Nila saat di praktikum.

Pada anak-anak myopia cenderung akan mengalami kenaikan yang lebih besar dibandingkan pada saat dewasa karena pada masa anak-anak mata masih dalam proses perkembangan.

Karena itu disarankan memeriksakan mata ke dokter mata atau optometris secara rutin minimal enam bulan pada anak-anak dan pada orang dewasa minimal satu tahun.

Sering sekali muncul pertanyaan apakah mata minus bisa sembuh dengan supplement? Kondisi mata minus bisa dikoreksi akan tetapi belum bisa untuk diobati dengan supplement. Banyak sekali orang yang meyakini bahwa dengan mengkonsumsi supplemet mata akan menyembuhkan mata minus.

Tetapi faktanya sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan supplement mata akan menyembuhkan mata minus.

Ada penelitian yang menyatakan dengan mengonsumsi supplement akan mengurangi resiko dari degenerasi macula dan rabun senja.

Pada saat ini penanganan mata minus hanya bisa diatasi dengan penggunaan kacamata, lensa kontak dan operasi [2].

Akan tetapi mata minus belum bisa diobati khususnya menggunakan suplement [3]. Penggunaan suplement seperti mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A bisa berguna untuk meningkatkan daya tahan mata dan mencegah terjadinya degenerasi makula dan rabun senja.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Deddi Gunawan Hutajulu
Editor: Redaksi
Photographer: Ist

Baca Juga