Sekilas Info

Dirut BPODT Tandatangani MoU Pendidikan Vokasi Pariwisata

Dirut BPODT Jimmy Panjaitan saat menanatangani MoU Pendidikan Vokasi Pariwisata, di Gedung BLK Provinsi Sumatera Utara di Medan, Selasa (17/5/2022).

Medan – Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Bernando Panjaitan menandatangani MoU terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata melalui pendidikan vokasi bersama Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Sumatera Utara, Selasa (17/5/2022) siang.

Hadir sejumlah pejabat utusan pemerintah kabupaten/kota, Kedutaan Besar Austria, Konsulat Jenderal Jepang, dan mitra industri. Pada saat yang bersamaan dilakukan peresmian gedung Workshop Pariwisata dan Perkayuan.

Kegiatan yang bertempat di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP), Medan, Provinsi Sumatera Utara itu, dihadiri langsung Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziah, sekaligus menyaksikan penandatanganan Mou peningkatan kualitas SDM pariwisata dan perkayuan.

Terkait kepariwisataan, Menaker Ida Fauziah mengatakan Danau Toba merupakan salah satu destinasi pariwisata super prioritas sehingga pengembangannya harus melibatkan semua stakeholder terutama sektor pendidikan dan pelatihan vokasi.

“Workshop Austria ini merupakan wujud nyata kerjasama dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Sumatera Utara. Untuk itu perlu peran aktif semua pemangku kepentingan," kata Ida Fauziah.

Khusus untuk bidang pariwisata, sebut Ida, Kemenaker siap berkolaborasi dengan semua pihak, terutama dengan BPODT untuk menjadikan kawasan Danau Toba menjadi destinasi berkelas dunia.

"Untuk (dapat) meningkatkan perekonomian Sumatera Utara dan Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Sumatera Utara Afifi Lubis menyebutkan bahwa sesuai data BPS, kondisi ketenagakerjaan di Sumut, pengangguran terbuka saat ini mencapai 423 ribu orang atau 5,47%.

Afifi berharap workshop kali ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM di Sumatera Utara kearah yang lebih baik.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga