Sekilas Info

Belum Ada Hepatitis Akut di Tanah Air, Kemenkes: Masuk Kategori Pending

Siti Nadia Tarmizi

Hasil investigasi terhadap tiga pasien ini juga menunjukkan tidak ada riwayat hepatitis dari anggota keluarga.

"Dan tidak ditemukan anggota keluarga lain yang memiliki gejala sama," katanya.

Keluhan utama, lanjutnya, tiga pasien anak tadi sama, yakni gangguan pada saluran pencernaan, mual, muntah, dan diare hebat.

Tentang Hepatitis

Hepatitis adalah kondisi peradangan pada organ hati. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, minum alkohol, penyakit autoimun, keracunan, atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Jenis penyakit hepatitis yang sudah diketahui ada Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D, Hepatitis E, Hepatitis Alkoholik, dan Hepatitis Autoimun.

Penyakit hepatitis akut misterius yang menyasar anak-anak ini sudah terjadi di berbagai negara. WHO mencatat ada 170 kasus dengan tingkat fatalitas satu orang. Sementara di Indonesia ada tiga kasus dan ketiganya meninggal.

Disebut misterius karena penyakit hepatitis akut ini belum jelas pemicunya dan tidak masuk kriteria tes Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D, dan Hepatitis E, serta belum diketahui ada tidaknya kemungkinan menular antar-manusia.

Penyakit tersebut juga dapat mengakibatkan kegagalan hati akut atau acute liver failure, hingga ada pasien yang membutuhkan transplantasi hati mengutip Tempo.co.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga