Sekilas Info

Begini Aturan baru Pemerintah saat Ramadhan dan Idul Fitri

Ramadhan ilustrasi

Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) melalui sejumlah aturan turunan telah memberikan panduan kegiatan kepada umat Islam menjelang memasuki bulan Ramadan.

Di mana awal Ramadan 1443 Hijriah akan diputuskan melalui sidang isbat (penetapan) pada Jumat, 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Sya'ban 1443 Hijriah.

Sebelum memasuki Bulan Suci Ramadhan, berikut sejumlah aturan dan himbauan yang telah dirangkum.

Lewat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 19 tahun 2022 berkaitan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, 2, dan 1 Covid-19 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, atau di luar wilayah Jawa-Bali.

"Instruksi Menteri ini mulai berlaku pada 29 Maret 2022 sampai tanggal 11 April 2022," demikian tulis Inmendagri tersebut yang dikutip Rabu (30/3/2022).

Dalam aturan tersebut turut mengatur sejumlah aktivitas masyarakat, salah satunya kegiatan ibadah pada tempat ibadah di Masjid, Mushola, Gereja, Pura dan Vihara serta tempat ibadah lainnya.

Di mana, pemerintah mengizinkan kegiatan beribadah saat Ramadhan seperti tarawih dan tadarus untuk dilakukan di Masjid dan mushola untuk daerah pada level PPKM level 1, 100 persen aktivitas, level 2 sebesar 75 persen, dan level 3 hanya 50 persen saja.

"Dengan tetap penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat serta memperhatikan pengaturan teknis dari Kementerian Agama (Kemenag)," tulis aturan tersebut.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Ilustrasi

Baca Juga