Sekilas Info

Perkuat Sistem Peringatan Dini Gempa Bumi-Tsunami, Alat Ini yang Disiapkan BMKG

BMKG

Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menyampaikan untuk memperkuat sistem peringatan dini gempa bumi dan tsunami, BMKG menambah jumlah Warning Receiver System (WRS) New Generation di seluruh pelosok Tanah Air.

Dwikorita mengatakan BMKG terus menambah jumlah sensor pendeteksi gempa bumi atau seismograf di seluruh wilayah Indonesia untuk meningkatkan kecepatan dan keakuratan informasi.

"Hingga saat ini ada 428 sensor yang telah terpasang di seluruh penjuru Indonesia. Jumlahnya akan terus bertambah untuk merapatkan jaringan guna meningkatkan performa kecepatan dan keakuratan informasi dan peringatan dini tsunami yang dikeluarkan BMKG," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (10/3/2022).

Senada dengan Dwikorita Kepala Pusat Seismologi Teknik BMKG, Rahmat Triyono mengatakan dengan sensor gempa yang dimiliki BMKG saat ini, kemampuan deteksibilitas semakin tinggi.

Menurut dia, jika dulu gempa bermagnitudo di bawah 4 samar terdeteksi, sekarang gempa di bawah magnitudo 4 bisa dengan mudah terdeteksi.

Namun demikian, katanya, kerapatan sensor dan fasilitas pendeteksi kegempaan masih perlu ditambah mengingat panjangnya garis pantai Indonesia yang rawan kegempaan dan tsunami.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Ilustrasi

Baca Juga