Sekilas Info

Puncak Peringatan Hari Pers Nasional

Jokowi: Tingkatkan Teknologi, Media Harus Semakin Inovatif

Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat berpidato pada acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional dari Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (9/2/2022).

Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut adanya perubahan yang terjadi pada persaingan media saat ini.

Perubahan itu ditunjukkan dengan banyaknya berita-berita yang hanya untuk mencuri perhatian maupun sekedar bertujuan menjadi viral.

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi dalam pidatonya saat acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional. Pidato disampaikan Jokowi secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (9/2/2022).

"Perubahan drastis landscape persaingan media menghadirkan berbagai persaingan yang pelik," kata Jokowi dikutip melalui siaran saluran YouTube Sekretariat Presiden.

Munculnya sumber-sumber informasi alternatif, sambungnya, tumbuh suburnya tren informasi yang semata mengejar cuman klik atau views, membanjirinya konten-konten yang hanya mengejar viral, masifnya informasi yang menyesatkan bahkan adu domba sehingga menimbulkan kebingungan dan bahkan perpecahan.

Bukan hanya itu, Jokowi juga mengetahui kalau industri pers nasional mengalami tekanan yang luar biasa pada 2 tahun terakhir.

"Baik tekanan akibat pandemi, akibat disrupsi digital dan tekanan dari berbagai platform raksasa asing yang menggerus potensi ekonomi serta pengaruh media-media arus utama," ujarnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Screenshot YouTube Sekpres

Baca Juga