Sekilas Info

Temuan di Kerangkeng Rumah Bupati Langkat Non Aktif, Korban Meninggal Lebih dari Satu Orang

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam saat temu pers terkait kerangkeng milik Bupati Langkat non aktif di Mapolda Sumut, Sabtu (29/1/2022).

Medan - Polda Sumut dan Komnas HAM memberikan penjelasan hasil penyelidikan tentang penemuan kerangkeng yang berada di rumah pribadi Bupati Langkat non aktif, Terbit Rencana Perangin-angin.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, mengatakan menemukan fakta adanya penghuni kerangkeng yang meninggal dunia diduga mengalami kekerasan jumlahnya lebih dari satu orang.

"Temuan ini sangat solid sesuai fakta dan informasi yang diterima. Tapi ternyata saat kami sampaikan ke Polda Sumut, juga menemukan hal yang sama dengan identitas korban yang berbeda. Kalau jumlahnya, lebih dari satu orang yang hilangnya nyawa," terangnya di Mapolda Sumut, Sabtu (29/1/2022).

Choirul mengungkapkan Polda Sumut juga melakukan penelusuran dengan penemuan korban tewas yang berbeda terhadap temuan Komnas HAM.

Baca juga: Komnas HAM dan Polda Sumut Temukan Dugaan Kekerasan di Kerangkeng Bupati Langkat Non Aktif Sejak 2010

"Teman-teman Polda Sumut juga menelusurinya hal yang sama, dengan korban yang berbeda. Kalau ditanya yang meninggal berapa pasti lebih dari satu," ungkapnya.

Berdasarkan hasil temuan Komnas HAM, tempat rehabilitasi yang tidak berizin itu ada tindakan kekerasan menimbulkan hilangnya nyawa, faktanya sangat solid.

Sementara itu, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menuturkan tim gabungan Ditreskrimum dan Ditresnarkoba Polda Sumut menemukan adanya fakta dugaan adanya korban tewas dari kerangkeng Bupati Langkat non aktif.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga